BPP Bulukumpa Raih Piala Bergilir Bupati Bulukumba

Iklan Semua Halaman

Header Menu

BPP Bulukumpa Raih Piala Bergilir Bupati Bulukumba

SULSEL LIMA
Friday, 28 August 2020
sulsellima.com Bulukumba - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) menggelar lomba kepada para penyuluh pertanian, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) 10 Kecamatan dan para kelompok tani. Lomba digelar untuk memberikan motivasi kepada pengelola BPP dan para penyuluh untuk lebih meningkatkan tugas dan fungsi Balai dalam menyelenggarakan penyuluhan pertanian, serta meningkatkan kemampuan kelompok tani dan Gapoktan dalam menjalankan fungsinya.

Dalam perlombaan tahun 2020 ini, BPP Kecamatan Bulukumpa meraih Juara Umum dan berhak mendapatkan Piala Bergilir Bupati Bulukumba. Juara umum ini berdasarkan akumulasi perolehan nilai dari empat kategori yang diperlombakan yaitu, BPP Berprestasi, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Teladan, Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Teladan, serta Kelompok Tani Binaan Berprestasi.

Kepala Dinas TPHP Emil Yusri menyampaikan, Piala Bergilir Bupati Bulukumba adalah yang pertama kali dilakukan, tahun sebelumnya hanya perlombaan bagi empat kategori tersebut.

“Yang meraih juara umum adalah yang memiliki nilai kumulatif lebih banyak dari kategori yang diperlombakan,” ungkap Emil Yusri saat acara penerimaan penghargaan lomba di halaman Kantor Dinas TPHP, Jumat 28 Agustus 2020.

Indikator keberhasilan dari perlombaan ini, lanjut Emil adalah terselenggaranya tertib administrasi dan kenyamanan Balai Penyuluhan Pertanian serta  meningkatnya kompetensi dan profesionalisme penyuluh pertanian dan pengembangan potensi kelompok tani.

Pihaknya, kata Emil Yusri mengalami penurunan jumlah penyuluh pertanian setiap tahunnya karena ada yang sudah pensiun dan ada beberapa meninggal dunia. Meski demikian dalam perekrutan CPNS tahun 2020 ini, ada 21 formasi penyuluh pertanian yang masih dalam proses seleksi.

“Dari jumlah seluruh desa dan kelurahan, kami masih kekurangan penyuluh, sehingga ada beberapa penyuluh yang merangkap untuk dua desa. Semoga 21 CPNS penyuluh pertanian itu nantinya bisa betah berada di desa,” pinta mantan Kadis Ketahanan Pangan ini.

Sementara itu, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Hj Darmawati yang mewakili Bupati Bulukumba menyerahkan penghargaan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan lomba tersebut. Ia berharap para juara semakin dapat meningkatkan kinerjanya dalam berinovasi dan meningkatkan produktifitas pertanian di wilayahnya masing-masing.

“Penyuluh pertanian dituntut mampu menggerakkan masyarakat, memberdayakan petani- pengusaha pertanian, serta mendampingi para petani dalam meningkatkan kualitas pertaniannya,” katanya.

Keberhasilan penyuluhan pertanian, lanjutnya dapat dilihat dengan indikator banyaknya petani dan pengusaha pertanian yang mampu mengelola dan menggerakkan usahanya secara mandiri, serta tumbuhnya usaha pertanian skala rumah tangga yang berbasis komoditi unggulan di desa.

Pada kesempatan tersebut Hj Darmawati menyerahkan Piala Bergilir Bupati Bulukumba kepada Koordinator BPP Kecamatan Bulukumpa H Nurdin Engge sebagai Juara Umum Lomba tahun 2020. Selain piala dan piagam penghargaan, para pemenang lomba juga menerima hadiah dari para sponsor, yaitu PT Lampoko Biorine, PT Bisi Internasional, PT Harmoni, PT Sang Hyang Seri Cabang Maros, PT Agri Makmur Pertiwi dan PT Pertani Persero

Adapun Pemenang Lomba pada 4 Kategori adalah sebagai berikut :

Kategori BPP Berprestasi
Juara I : BPP Kecamatan Rilau Ale
Juara II : BPP Kecamatan Bulukumpa
Juara III : BPP Kecamatan Herlang

Kategori Kelompok Tani Binaan Berprestasi
Juara I : Kelompok Tani Sangkala Desa Sangkala Kec. Kajang
Juara II : Kelompok Tani Hayat Jaya 4 Desa Kambuno Kec. Bulukumpa
Juara III : Kelompok Tani Lembanna Desa Dampang Kec. Gantarang

Kategori PPL Teladan
Juara I : Anwar Jatim (Kecamatan Ujungloe)
Juara II : Cahrir (Kecamatan Bulukumpa)
Juara III : Ansar (Kecamatan Bontobahari)

Kategori THL-TBPP Teladan
Juara I : Harnisal (Kecamatan Rilau Ale)
Juara II : A. Bau Asni Mbas (Kecamatan Herlang)
Juara III : Muh Amri (Kecamatan Bulukumpa)