Pastikan Mutu Pendidikan, MAN 1 Bulukumba Gelar Supervisi Guru

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pastikan Mutu Pendidikan, MAN 1 Bulukumba Gelar Supervisi Guru

SULSELLIMA
Monday, 21 September 2020



Sulsellima.com, Bulukumba, - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba melaksanakan supervisi akademik bagi guru-guru di madrasah yang berdiri sejak 1990 tersebut,  di Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Senin, (21/9/2020).


Sebanyak 60 dokumen Administrasi Akademik Guru dicek tuntas dengan supervisi teman sejawat (peer supervision) sepuluh orang. 


Pelaksanaan supervisi administrasi guru- guru di MAN 1 ini dilaksanakan untuk memastikan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional dan kebijakan pendidikan untuk madrasah di Kementerian Agama.


Supervisi akademik ini mencakup komponen adminsitrasi lalu dilanjutkan pengamatan proses pembelajaran. 


Sejumlah aspek juga diintegrasikan dalam supervisi ini, yakni mencakup aspek literasi, penguatan karakter dan aspeknya lainnya seperti sekolah sehat dan berwawasan lingkungan, termasuk mengadopsi KMA 183 tahun 2019.

 

"Tujuan supervisi ini untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Bulukumba. Sebagai salah satu acuan dalam penyelenggaraan layanan pendidikan, Sehingga terwujud madarasah hebat bermartabat," jelas Syarifuddin, Kepala MAN 1 Bulukumba.


Dalam supervisi tersebut sejumlah guru senior di MAN 1 Bulukumba didaulat menjadi tim suprervisor, yakni Najmiah Nganro, Nihrawati, Nuraedah, Sitti Hamzah, Andi Muh Tasmira, Bahar, Jusniar, Alimin dan Jamhariah.


"Sesama Guru mesti menginspirasi dan memotivasi semua warga madrasah di dalamnya serta memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Semua itu penting untuk mencapai tujuan dan misi madrasah, lewat supervisi ini menjadi salah satu langkahnya,” urai Syarifuddin.


Adapun tahapan yang dilakukan oleh supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik adalah validasi adminstrasi, pengamatan pelaksanaan proses mengajar dan penyusunan rekomendasi dan solusi ke depan, serta  pelaksanaan evaluasi secara berkelanjutan. (AA)