Terbukti Tak Melanggar, Ini Pesan Tomy Satria

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Terbukti Tak Melanggar, Ini Pesan Tomy Satria

SULSEL LIMA
Friday, 23 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Dugaan pelanggaran yang dialamatkan kepada calon Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto tak memenuhi unsur dugaan tindak pidana yang dilaporkan. Hal itu berdasarkan proses kajian klarifikasi dan proses penyelidikan oleh penyidik Bawaslu Kabupaten Bulukumba. "Tadi malam kami sudah menyimpulkan kasus ini tidak memenuhi unsur pidana maupun admistrasi," ujar Komisioner Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar.


Usai mendapatkan kabar tersebut, Tomy Satria Yulianto memberikan pesan penting untuk para pendukungnya.


"Sejak awal mengenai munculnya tuduhan hingga dilaporkan ke Bawaslu,  saya dan Pak Andi Makkasau telah memutuskan untuk menyerahkan persoalan ini dan penyelesainnya sesuai aturan main yang ada," ujar Tomy di ujung telpon, Jumat (23/10/2020).


Tomy mengaku sejak awal sangat mendukung upaya-upaya dilakukan Bawaslu sebagai lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan pemilu. Ia bahkan mengaku, sebagai bentuk ketaatannya terhadap regulasi, ia hadir memberikan penjelasan yang sebenarnya.


"Setiap orang yang berniat dan berbuat baik untuk orang banyak, pasti akan dapat cobaan. Saya hanya ingin menyampaikan ke masyarakat Bulukumba, yang saya cintai dan sayangi, ini adalah ujian menuju ke sana," lanjut Tomy. 


"Perasaan tidak nyaman dan dituduh yang tidak-tidak memang harus dirasakan, namun niat dan perbuatan baik harus terus dilanjutkan karena manfaatnya bisa bikin semua orang bahagia," sambung Tomy yang berpasangan dengan Andi Makkasau itu.


Tomy bersyukur ada kejadian seperti ini. Setidaknya masyarakat Kabupaten Bulukumba bisa menilai mana yang gagal paham dalam demokrasi dan mana yang betul-betul ingin jadi pemimpin yang baik, mencintai dan dicintai rakyat. 


"Jangan menggunakan cara-cara seperti itu untuk menjauhkan kami dari masyarakat. Ingat, justru karena ini kami semakin kuat," tegas Tomy yang juga adalah mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba itu. 


Jagoan PKB, PDIP dan PBB di Pilkada Bulukumba ini juga meminta seluruh masyarakat Bulukumba dan pendukungnya agar tetap tenang dan fokus kepada tujuan bersama. "Kita semua percaya, pohon yang menjulang tinggi memang menjadi sasaran tiupan angin kencang. Tapi perlu saya sampaikan, jika akar dan batangnya tetap kokoh. Doa-doa masyarakat Bulukumba menjadi kekuatan bagi kami," tutupnya. 


Sebagaimana diketahui, pihak Bawaslu Bulukumba beberapa waktu lalu telah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan nomor urut 3 yakni Tomy Satria Yulianto berpasangan dengan Andi Makkasau di Pilkada Bulukumba 2020.


Ada tiga objek peristiwa yang dilaporkan, pertama soal penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dilakukan di beberapa desa di Bulukumba, penyaluran bantuan beasiswa PIP dan pertemuan BPD. (*)