SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang BBWS PJ : Pembebasan Lahan bendungan Pamukkulu Takalar Capai 50,85 Hektare - SULSELLIMA.COM

BBWS PJ : Pembebasan Lahan bendungan Pamukkulu Takalar Capai 50,85 Hektare

Takalar,Sulsellima.com - Kepala Kantor BBWS Pompengan Jeneberang Adenan Rasyid menyebutkan hingga saat ini pembebasan lahan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan telah mencapai 50,85 hektare.


"Segala permasalahan telah menemukan solusi tindak lanjut, hingga saat ini realisasi pembebasan lahan telah mencapai 50,85 ha," kata dia dalam keterangannya di Makassar, Kamis.


Koordinasi aktif, kata dia, diperlukan demi kelancaran pembangunan bendungan itu.


Apalagi, Bendungan Pamukkulu rencananya menjadi yang terbesar ketiga di Sulsel, setelah Bendungan Bili-bili di Gowa dan Paselloreng di Wajo.


Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meminta partisipasi seluruh pihak guna kelancaran pembangunan bendungan yang nantinya banyak memberi manfaat langsung bagi masyarakat di Kabupaten Takalar.


"Perlunya dilaksanakan pertemuan ini (koordinasi, red.) untuk mengetahui persoalan pembangunan Bendungan Pamukkulu saat ini. Sudah sampai di mana, dan dengan komunikasi, kita dapat memahami permasalahan yang ada. Kami meminta partisipasi aktif Pemerintah Kabupaten Takalar dan seluruh 'stakeholder' (pemangku kepentingan)," kata dia.


Ia mengharapkan manfaat Bendungan Pamukkulu dirasakan oleh banyak orang.


Bendungan Pamukkulu diketahui mangkrak cukup lama, sedangkan bendungan ini memiliki potensi yang besar di berbagai sektor.


"Manfaat Bendungan Pamukkulu ini banyak, selain sebagai pengendali banjir, juga dapat meningkatkan jaringan irigasi seluas 6.150 hektare, penyediaan air baku Kabupaten Takalar 160 liter/detik, konservasi sumber daya air, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW, pengembangan pariwisata," katanya.


Berkat dorongan dari Wagub Sulsel, PSN Kementerian PUPR ini efektif dikerjakan akhir 2019. Sebelumnya, proyek ini sempat terhenti selama 600 hari atau hampir dua tahun. Kontrak proyek ini telah dimulai sejak 2018. (indra)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com