Gelar Pelatihan Kesenian Tradisional, Sanggar Seni Budaya " La Gau Art" Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya


BONE, SULSELLIMA.com - Pandemi Covid-19 secara nyata telah menimbulkan dampak di berbagai sektor di Indonesia, khususnya di Bone Selatan Kecamatan Kahu kabupaten Bone, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, dan bahkan seni budaya masyarakat Kelurahan Palattae, Kecamatan Kahu. Kabupaten Bone.


Kondisi ini mengganggu proses pembinaan sanggar-sanggar seni dengan dihentikannya seluruh kegiatan pelatihan, pembinaan dan aktivitas seni yang tentunya dapat memengaruhi menurunnya kualitas berkesenian dan ekonomi budaya masyarakat.


Andi Wawan Pratama S.Pd, selaku bendahara umum mempaparkan, kegiatan berkesenian di kalangan anak-anak dan umum diharapkan mampu membangun kembali kreativitas berkesenian dan menghilangkan kejenuhan akibat lamanya melakukan aktivitas di rumah.


“Sebenarnya desakan dari anak-anak maupun orang tua sudah sejak awal bulan 1 lalu, Tapi karena kami dari pihak takut akan masalah diera pandemi ini," ucapnya, Sabtu (20/03).


"Sanggar maupun pengurus warga Kesenian daerah yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Bone lebih tepatx di Bone Selatan Kecamatan Kahu kabupaten Bone  didominasi kesenian yang bersentuhan dengan kehidupan yang bernuansa tradisional dan modern," lanjutnya.


Kegiatan pelatihan kesenian tradisional dan modern ini bertujuan untuk memperkenalkan, menumbuhkan minat dan melestarikan seni budaya lokal daerah khususnya kepada  generasi muda  penerus 


“Oleh karena itulah peserta pelatihan  ini adalah  umum dan anak-anak yang juga murid pada satuan pendidikan di Kabupaten Bone," ujarnya.


Lebih jauh ia mengatakan, harapan setelah mengikuti pelatihan ini para anak-anak Kabupaten  Bone mampu mengenal, memiliki pengetahuan dan keterampilan  kesenian tradisional khususnya Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, sehingga dapat mendorong pelestarian budaya melalui  regenerasi pelaku seni dan budaya  tradisional. 


Pelatihan diadakan 2 kali setiap minggux yaitu hari Rabu dan sabtu ada beberapa devisi disanggar seni budaya "LA GAU ART"  yaitu Tari, Musik, Teater. 


Lanjutnya, setiap pekan ada evaluasi tersendiri setiap devisi agar konsisten dalam suatu pelatihan tetap bernilai.


" Pelatihan diadakan di aula serba guna Palattae Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone,"tutup Andi Wawan Pratama.


Report : Muh Yunus

Editor : Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a comment