SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Plt Gubernur Arahkan Pantau Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir, Dinkes Sulsel : Siap Mengawal Kebutuhan Penanganan Kesehatan - SULSELLIMA.COM

Plt Gubernur Arahkan Pantau Layanan Kesehatan untuk Korban Banjir, Dinkes Sulsel : Siap Mengawal Kebutuhan Penanganan Kesehatan

MAKASSAR, SULSELLIMA.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan bertindak cepat dalam melakukan penanganan terhadap banjir di Kota Makassar.


Intensitas hujan yang tinggi pada Rabu (10/3/2021) kemarin, membuat beberapa titik mengalami banjir di Sulsel, salah satunya di Makassar. Beberapa lokasi di Makassar pun banjir yang membuat warga mengungsi akibat genangan air yang tinggi.


Atas arahan dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menurunkan timnya bersama komunitas Andalan Sulsel Peduli dan Dinas kesehatan untuk meninjau dan mengecek pelayanan kesehatan untuk warga di beberapa titik pengungsian, Kamis (11/3/2021).


Lokasi pertama posko pengungsian di Masjid Grand Rahmani, Kelurahan Katimbang, kecamatan Biringkanaya. Di sana, Dinkes Sulsel pun mengecek langsung Posko Kesehatan Puskesmas Paccerakkang. Di posko itu, pengungsi dari Komplek Kodam 3 berjumlah 32 KK atau 132 jiwa, dengan 6 orang bayi/balita dan 3 orang lansia; dan ada pula pengungsi dari Komplek Buka Mata dengan 4 KK atau 21 jiwa, yang diantaranya ada seorang balita.


Berpindah ke lokasi pengungsian kedua, di sana Tim Plt Gubernur Sulsel, Andalan Sulsel Peduli dan Dinkes menuju di Masjid Jabal Nur di Blok 10 Perumnas Antang, Kecamatan Manggala. Di pengungsian ini, sebanyak 51 KK atau 195 jiwa, yang diantaranya ada 5 ibu hamil, 19 balita dan 3 bayi.


Sekretaris Dinkes Sulsel, Bachtiar Baso yang ikut turun langsung memantau menyampaikan, bahwa pengungsi memiliki keluhan gatal-gatal dan ISPA.


"Kami juga mencatat kebutuhan para pengungsi  dan akan segera membawakan bantuan," ujar Bachtiar Baso.


Pihaknya berencana akan melanjutkan peninjauan di lokasi pengungsian di Batua dan perumahan Bung. 


"Bapak Plt Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman) memberikan kami arahan agar penanganan banjir sebaiknya diintegrasikan dengan OPD-OPD terkait, agar tidak terulang terus-menerus. Dinkes akan selalu stand by dan mengawal segala kebutuhan menyangkut penanganan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak banjir," jelasnya.


Tim Andalan Sulsel Peduli, Rusdi menyampaikan, "Alhamdulillah, Dinkes telah turun lapangan, kami mendampingi Dinkes untuk

 memastikan adanya pelayanan kesehatan di posko pengungsian. selain itu, kami membagikan masker di lokasi dan Alhamdulillah disambut baik oleh masyarakat, bahkan anak-anak antusias mengenakan masker," ujarnya.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com