SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Rumah Soba Peninggalan Kerajaan Watampone Ludes di Lalap Api - SULSELLIMA.COM

Rumah Soba Peninggalan Kerajaan Watampone Ludes di Lalap Api



BONE,SULSELLIMA.com  -  Bola Soba (Rumah Persahabatan), merupakan salah satu peninggalan sejarah. Berdiri kokoh di ruas Jln Latenritatta, Watampone. Rumah Soba (Rumah Persahabatan) ini sarat dengan nilai-nilai sejarah yang tersirat.


Bola Soba (Rumah Persahabatan), merupakan salah satu bangunan bersejarah di Watampone, ibukota Kabupaten Bone Sulawsi Selatan.


Sepintas lalu, tak ada yang istimewa dengan bangunan yang berdiri di atas lahan seluas hampir 1/2 hektar tersebut. Dari luar, tampak hanya sekadar bangunan rumah panggung tradisional ala masyarakat Bugis Bone.




Ada papan nama di depan bangunan serta gapura yang mempertegas identitas bangunan Rumah Soba(Rumah Persahabatan) tersebut, kini rata dengan tanah di lalat oleh si jago merah sekitar pukul 3.30 WITA, Sabtu ( 20/03/ 2021).


Yuddin S.Pd salah satu pengiat budaya. Aktif membina sanggar zeni di Kabupaten. Bone, termasuk di Bola Soba(Rumah Sahabat) dan Museum La Pawawoi Kota Watampone


"Peristiwa terjadi sekitar jam 3.30 dini hari, penyebab kebakaran belum diketahui pasti penyebabnya," singkatnya kepada sulsellima


Lanjut Yudin mengatakan, tentunya masyarakat Bone merasa sedih atas kejadian ini khusus para sejarahwan, budayawan dan pengiat seni. Termasuk diri saya, kata Yudin.


Rumah Soba merupakan tempat stamplas saya sejak tahun 70 - an sampai sekarang," tutupnya. 


Report : (Muh Yunus)

Editor : Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com