Selain Terkenal Dengan Kayu Spesial Sanrego, Desa Ini Juga Terkenal Gadis Gadisnya Elok Dan Cantik

SULSELLIMA.com- Sanrego adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. desa ini sangat terkenal diantara desa-desa yang ada di wilayah kabupaten Kahu tersebut.


Dilengkapi dengan tempat liburan keluarga, terdapat Bendungan Sanrego. Selain panorama alamnya yang indah, Lokasinya juga cukup strategis dan mudah diakses oleh pengguna jalan. Setiap minggu terdapat wisatawan dari berbagai tempat berkunjung kebendungan ini.


Bendungan Sanrego adalah bendungan irigasi  keberhasilan system irigasi secara terus menerus, serta mengupayakan keberlangsungan sistem irigasi untuk mengoptimalkan produksi pertanian demi kesejahteraan masyarakat di desa tersebut.


Tidak heran jika pertumbuhan perekonomian masyarakat desa Sanrego sangat makmur terutama dari sektor pertanian.


Selain Bendungan Sanrego, juga terdapat spesies kayu sanrego berasal dari desa ini. khasiat kayu yang sudah dikenal sampai ke luar negeri, konon katanya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani beberapa puluh tahun lalu. 


Kayu Sanrego dalam bahasa latin disebut dengan Lunasia Amara adalah jenis tumbuhan semak belukar dan umumnya tumbuh di atas tanah yang berbatu. 


Manfaat kayu Sanrego ini dipercaya mampu menandingi obat kuat khusus Pria lainnya seperti pil biru, viagra dan sebagainya. Secara umum batang kayu ini memberikan efek meningkatkan gairah pria yang lemah, juga mengobati penyakit malaria dan diabetes.


Masyarakat desa Sanrego juga terkenal dengan adat budayanya yang sangat kental, hampir semua penduduk di desa ini berasal dari keturunan Raja (Arung) atau berdarah biru. Yang biasa dikenal dengan sebutan Petta atau Andi. (Gelar bangsawan suku Bugis).


Kehidupan bermasyarakat juga sangat modern, terlihat dari cepatnya pertumbuhan sarana hiburan atau industri kuliner. Jika anda berkunjung ke Desa ini, anda akan disuguhkan oleh deretan cafe - cafe tongkrongan ala anak mudah seperti layaknya dikota - kota.


Selain panorama alamnya yang indah, juga penduduknya terutama gadis - gadis didesa ini terkenal elok nan cantik serta tata kerama yang tinggi.

 

Desa sanrego yang juga bertetangga dengan desa Tompon patu (timur dan selatan),desa palakka (barat), Desa maradda(utara). Desa sanrego merupakan daerah agraris (pertanian) yang sangat subur dan cukup modern.


Desa sanrego pun sangat strategis dalam hal potensi bisnis, pendidikan dan transportasi. Desa sanrego merupakan desa yang berkontribusi paling signifikan di kec Kahu dari sektor hasil pertanian.


Di desa ini juga dibangun SMK pertanian Arung Sanrego, didirikan guna untuk memberdayakan generasi muda agar lebih fokus dalam pengelolaan pertanian tersebut. Adapun sekolah lainnya yakni SMP Negeri 3 kahu, SD 281 Sanrego dan bebrapa sekolah dasar lainnya. 


Artikel : Andi Ross Are


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment