SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Jabatan Perpanjangan Presiden Jokowi Harus Tutup Buku - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Jabatan Perpanjangan Presiden Jokowi Harus Tutup Buku

JAKARTA,sulselima.com- Isu perpanjangan masa jabatan presiden Joko Widodo tiga periode harus ditutup. Dorongan wacana ini datang dari pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio. Dia menilai yang harus menutup wacana ini ialah Ketua MPR dan ketua partai politik.


"Ya, ini (wacana perpanjangan masa jabatan presiden) harus tutup buku. Yang mesti menutup adalah Ketua MPR dan seluruh ketua parpol," kata Hendri Satrio kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

"Dan kita yakin, harus yakin. Semua parpol harus berani bilang bahwa mereka menolak perpanjangan jabatan presiden. Dan mereka juga menolak ada presiden tiga periode. Nah kalau parpol yang di Senayan, kecuali Demokrat dan PKS, berani bilang begitu, kita harus yakin dan harus tutup isu ini," ungkapnya.

Namun, jika parpol-parpol koalisi pemerintah belum menjawab, maka rakyat perlu berdoa agar parpol mau bersikap.

"Tapi kalau ketua parpol itu belum jawab. Kita harus masih terus memperbanyak berdoa," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Jokowi sudah sering menegaskan bahwa dirinya menolak usul perpanjangan masa jabatan presiden. Bahkan, sikap ini sudah dinyatakan sejak 2019.

Terbaru, Jokowi kembali menyatakan sikapnya. Jokowi secara tegas menolak usulan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Saya kan udah bolak-balik jawab, mau jawab apa lagi?" kata Jokowi menjawab isu seputar presiden tiga periode dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/9/2021) kemarin.

"Sekarang begini, ada orang yang mengusulkan, nggak mungkin saya larang. Ini bagian dari demokratisasi. Wong yang hashtag #2019GantiPresiden saja saya nggak larang, masa ini saya ngelarang-larang orang beropini dan pendapat terkait aspirasi politis. Ya itu kan terserah mereka," kata Jokowi.

"Ada dari akar rumput, dari pihak kekuatan politik, misalnya mengusulkan itu. Biarkan saja. Yang penting kan saya sudah menolak. Sikap saya sama seperti sebelum-sebelumnya. Gimana saya harus menjawab lagi," ujarnya.

Jokowi kemudian menanggapi isu perpanjangan masa jabatan presiden hingga 2027. Dia menegaskan menolak usulan itu.

"Jawaban saya tetap sama saja," kata Jokowi. (Andi Ross Are)

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment