SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bulukumba Jadi Sasaran Program Sekolah Penggerak, Ini Tujuanya - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Bulukumba Jadi Sasaran Program Sekolah Penggerak, Ini Tujuanya

Bulukumba, sulsellima.com - Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menerima kunjungan perwakilan Direktorat Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Arman Agung dan Muhammad Anis dalam rangka menjajaki kerjasama program Sekolah Penggerak di Kabupaten Bulukumba, Rabu 12 Januari 2022.


Arman menyampaikan, program Sekolah Penggerak adalah pengganti dari sekolah-sekolah unggulan, sekolah andalan maupun sekolah model yang ada sebelumnya. Program Sekolah Penggerak ini lanjutnya berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul dari kepala sekolah dan guru.

Keunggulan sekolah penggerak tambahnya karena adanya kerjasama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Diharapkan melalui program sekolah penggerak seluruh sekolah memiliki mutu yang sama di seluruh Indonesia.

Untuk menjadi Sekolah Penggerak, kepala sekolahnya harus mengikuti tes tertulis dan tes wawancara. Sasarannya TK, SD dan SMP yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah.

“Jika kepseknya lolos, maka otomatis sekolahnya menjadi Sekolah Penggerak,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kelebihan ketika menjadi sekolah penggerak, selain mendapat dana BOS, sekolah tersebut juga mendapat tambahan dana BOS Kinerja. “Pemerintah Daerah juga bisa memberikan sharing pendanaan,” terangnya.

Arman berharap selama sekolah tersebut menjadi Sekolah Penggerak, Pemerintah Daerah tidak memindahkannya dalam kurun 3 sampai 4 tahun agar capaian kinerjanya lebih terukur.

Bupati Muchtar Ali Yusuf  yang didampingi Sekretaris Disdikbud Rina Andi Muri mengapresiasi penjajakan kerjasama program Sekolah Penggerak ini.

“Terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Bulukumba sebagai daerah sasaran pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, untuk itu kami siap menyukseskan program ini,” kata Muchtar Ali Yusuf.

Ia berharap dengan hadirnya program Sekolah Bergerak, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan di Kabupaten Bulukumba.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Posting Komentar