SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Peringatan HAB Ke-76, Bupati Serahkan Satyalancana Karya Satya Kepada 65 ASN Lingkup Kemenag Bulukumba - SULSELLIMA.COM

Peringatan HAB Ke-76, Bupati Serahkan Satyalancana Karya Satya Kepada 65 ASN Lingkup Kemenag Bulukumba

Bupati Bulukumba Serahkan Satyalancana Karya Satya Kepada 65 ASN
BULUKUMBA, sulsellima.com - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Ke-76, Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan upacara peringatan yang berlangsung khidmat di halaman Madrasah Aliyah Negeri 2 Bulukumba, Jalan Matahari, Senin 3 Januari 2022.


Dengan tema peringatan HAB  "Transformasi Layanan Umat", Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf didaulat selaku inspektur upacara yang dihadiri Wabup Edy Manaf bersama unsur Forkopimda serta diikuti para pegawai lingkup Kementrian Agama Bulukumba.

Bupati saat membacakan pidato seragam Menteri Agama RI menyampaikan peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama harus dimaknai dengan penuh syukur dan suka cita.

Oleh karena sejak dibentuk 3 Januari 1946 hingga hingga kini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

"Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai Kick Off pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan,"sebutnya.

Andi Utta sapaan akrab Bupati menambahkan Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Selain itu, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Tentunya seluruh prestasi dan pencapaian tersebut sambung Bupati, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan para  sesepuh Kementerian Agama serta para aparatur dilingkup tersebut.

"Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama," ujar Andi Utta di hadapan peserta upacara.

Di usia yang menginjak ke-76 ini, Bupati mengajak Kementerian Agama untuk terus berbenah, selain itu prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan diharapkan agar terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Lebih lanjut, Bupati juga menghimbau agar Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan untuk dijadikan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi para Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

"Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas, saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa," pungkasnya.

 Peringatan Hari Amal Bakti Ke-76, Bupati Andi Utta Serahkan Satyalancana Karya Satya Kepada 65 ASN Lingkup Kemenag Bulukumba 

Dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Tahun 2022, Kementerian Agama Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Untuk Kabupaten Bulukumba sendiri, sebanyak 65 ASN menerima penghargaan  yang disematkan langsung Bupati Muchtar Ali Yusuf didampingi Kepala Kantor Kemenag Bulukumba HM Yunus dan Wakil Bupati Edy Manaf seusai mengikuti upacara peringatan Hari Amal Bhakti

Bupati Andi Utta menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan serta berharap penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari korps Kementerian Agama.

Selain itu, Bupati Andi Utta juga menyerahkan santunan atau uang duka dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris dari almarhum Abdul Karim, tenaga kependidikan MTS Negeri 2 Bulukumba.

Santunan ini merupakan kerjasama BAZNAS Bulukumba dengan BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga pendidik non ASN.

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com