SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang BBPOM Makassar Sidak Pusat Kuliner di Selayar, Ini Hasilnya - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

BBPOM Makassar Sidak Pusat Kuliner di Selayar, Ini Hasilnya

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar, melakukan inspeksi mendadak penjualan takjil di pusat kuliner dan takjil yang ada di Benteng, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Jumat 8 April 2022.


Dalam sidak Tim BPPOM Makassar didampingi Bupati Kepulauan Selayar dan kepala perangkat daerah, terjung langsung memilih 27 sampel takjil dan makanan jadi yang kemudian langsung mendapat pemeriksaan cepat oleh tim BPPOM Makassar.

Bupati Kepulauan Selayar,  Muh Basli mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan jaminan bahwa apa yang dikonsumsi oleh masyarakat semua terbebas dari hal-hal yang bisa menyebatkan timbulnya penyakit.

“Ini langkah positif dan kedepannya kami sebagai Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar akan lebih memberi perhatian untuk pengembangan masyarakat kedepannya,"ucap Basli Ali

Sementara itu Kepala BBPOM Makassar, Hardaningsih setelah usai melakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel takjil dan makanan jadi memaparkan hasil pemeriksaan cepat dengan peralatan uji menegaskan, kalau seluruh sampel tidak ada yang terkontaminasi bahan berbahaya seperti boraks dan alat pewarna.

“Sudah kita uji ada 27 sampel yang dilakukan pemeriksaan cepat dengan bahan-bahan penguji makanan dan bahan berbahaya yang kita bawa dan hasilnya, semua negative mengandung campuran berbahaya,“ jelas Hardaningsih.

Menurut dia, ada empat zat yang berbahaya bila dikonsumsi yakni formalin, boraks, pewarna merah jambu Rodhamin B dan pewarna kuning metamin yellow," jelasnya.

Selain menguji langsung dilapangan, BPPOM Makassar juga membawa sejumlah takjil yang berwarna untuk diuji di laboratorium kandungannya. Apabila dalam pengujian contoh takjil atau penganan ditemukan salah satu dari empat zat berbahaya, lanjut Hardaningsih, maka pihaknya akan melakukan pembinaan.***


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com