SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bertahun-tahun Rusak, Jalan Poros Barugae- Sinjai Borong Segera Dikerja, Warga Bersyukur - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Bertahun-tahun Rusak, Jalan Poros Barugae- Sinjai Borong Segera Dikerja, Warga Bersyukur

lokasi ruas jalan Barugae-Sinjai Borong
BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Sebagian warga Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pasti tidak asing dengan jalanan menghubungkan Kecamatan Bulukumpa dan Kecamatan Sinjai Borong telah melewati jalan rusak selama kurang lebih 10 tahun. Jalanan tersebut tepatnya berada di ruas jalan Barugae-Sinjai Borong yang terkenal karena kerusakannya yang parah. 


Setelah bertahun-tahun rusak, akhirnya Jalan tersebut tersentuh pekerjaan Hotmix di tahun 2022 dengan panjang 2,5 kilometer atau di masa kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf selaku Bupati Bulukumba. 

Secara umum hampir 90 persen kondisi jalanan tersebut mengalami kerusakan. Jika hujan tiba, jalanan mirip aliran sungai.

Rahmi salah satu warga setempat mentakan bahwa saat kemarau tiba, debu beterbangan hingga masuk di rumah warga. Titik jalan rusak sebagian besar berada di Desa Kambuno dan sebagiannya di Desa Barugae.

"Sekitar 10 tahun kami lewati jalan rusak Sinjai-Bulukumba. Alhamdulillah kami bersyukur Pemkab Bulukumba mau membangun jalanan itu,"ucap warga setempat, Selasa 17 Mei 2022.

Dikatakan, selama ini hampir setiap warga yang melewati jalanan tersebut kesal. Mereka kesal karena selain menghambat perjalanan juga memicu kerusakan onderdil kendaraan pemilik jasa angkutan. 

Jalanan ini dilalui oleh masyarakat dua kabupaten bertetangga setiap hari. Misalnya warga Bulukumpa yang berdagang ke Sinjai Borong. Demikian juga warga Kecamatan Sinjai Borong yang ingin berbelanja kebutuhan di Kabupaten Bulukumba terpaksa melintasi jalan rusak tersebut. 

Tak ada pilihan meski jalanan bebatuan harus mereka lintasi. Sebab  jarak Kecamatan Sinjai Borong ke Kabupaten Bulukumba lebih dekat dibandingkan ke ibukota Sinjai. 

Terpisah Humas Dinas Kominfo Bulukumba, Andi Ayatullah menyampaikan bahwa jalan tersebut saat ini segera dikerjakan atau ditingkatkan. 

"Sudah ada pemenang tendernya dan sudah di MC nol, jadi akan segera dikerjakan," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, panjang jalan rusak yang akan dikerjakan itu ada 2,5 kilometer dan Bupati memang memprogramkan jalanan mulus untuk mempermudah akses ekonomi.

"Harapan Bupati Bulukumba, akan mempermudah akses ekonomi baik masyarakat Bulukumba maupun warga Sinjai yang ingin ke Bulukumba," ungkapnya.

Sekedar diketahui tahun 2022 ini ada peningkatkan anggaran pembangunan jalan dan jembatan dari tahun sebelumnya hanya sekitar 60 milyar menjadi 91 milyar lebih. dan banhkan bantuan anggaran yang bersumber dari Alokasi Dana DAK Kementerian PUPR Tahun 2022 untuk Rehabilitasi / Pemeliharaan Jalan sekitar 70 M lebih.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com