SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Kunker di Bulukumba, Pangdam : Dari Dulu Andi Utta Terkenal, Dijuluki "Petarung" - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Kunker di Bulukumba, Pangdam : Dari Dulu Andi Utta Terkenal, Dijuluki "Petarung"

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) Andi Muhammad melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bulukumba, Jumat, 26 Mei 2022. 


Kunjungan orang nomor satu di wilayah Kodam XIV Hasanuddin itu, disambut baik di kabupaten berjuluk 'Bumi Panritalopi'. 

Selain bupati, tampak hadir menyambut kunjungan Pangdam diantaranya Wabup Andi Edy Manaf, Ketua DPRD H Rijal, Dandim 1411/Blk Letkol CZI Dendi Subekti, Kajari Cahyadi Sabri, Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo, Sekda Muh Ali Saleng,  para Kepala OPD lingkup Pemkab, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pangdam didampingi oleh Kapoksali Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin, Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djasa Djamin LL, Asops Kasdam XIV/Hsn Kolonel Inf Sitepu, Aslog Kasdam XIV/Hsn Kolonel Inf Topri Dg Balau, Ka Pendam XIV/Hsn Kolonel Inf Rio Purwantoro, para asisten Pangdam dan Ketua Persit KCK XIV/Hsn Ibu Amelia Arisanti.

Sebelum bertandang ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Pangdam yang menginap di Tanjung Bira ini terlebih dahulu mengunjungi Makodim 1411 Bulukumba, memberikan pengarahan kepada jajaran Kodim 1411 Bulukumba.

Setelah itu, Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad meninjau donor darah bakti sosial sekaligus menyalurkan bantuan bahan pokok kepada warga di Tribun Lapangan Pemuda.

Mayjen TNI Andi Muhammad dalam mengawali arahannya, mengaku mengenal Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta sejak sebelum menjadi bupati. Ia sekaligus memuji sosok Andi Utta dalam merintis dan memperjuangkan usahanya. 

"Beliau (Andi Utta) terkenal bukan karena sudah menjadi bupati. Dari dulu beliau terkenal. Dijuluki petarung," ujar Pangdam saat silaturahmi dan tatap muka dengan Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba.

Andi Muhammad mengaku kagum dengan potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bulukumba, sehingga ia yakin pemerintahan di era Andi Utta potensi ini mampu dikembangkan.

"Insya Allah saya tidak pernah ragu dengan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati dalam rangka mengembangkan apa potensi yang ada di Bulukumba ini, terutama di wisata baharinya," kata Pangdam yang mengenang masa kecilnya biasa berkunjung di Tanjung Bira.

Saat memaparkan kondisi Bulukumba, Bupati Andi Utta menyinggung mengenai potensi budaya Bulukumba dengan kehadiran pembuatan perahu Pinisi yang telah diwariskan secara turun temurun. 

Namun Andi Utta mengaku khawatir dengan pelestarian pembuatan perahu Pinisi ini bisa bertahan selamanya karena adanya keterbatasan bahan baku kayu masuk di Bulukumba.

"Para pengusaha atau pengrajin Pinisi kesulitan mendapat pasokan bahan baku kayu dari luar karena prosedurnya sangat berbelit belit," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Pangdam Mayjen TNI Andi Muhammad mengaku akan berupaya membantu mencarikan solusinya agar pasokan kayu untuk industri perahu di Bulukumba bisa lebih mudah.

Sumber kayu, lanjutnya bisa didapatkan di Buton Utara dan itu masih wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

"Kenapa tidak dibantu kalau itu untuk kepentingan industri kapal, kalau perlu kita kawal," ungkapnya disambut aplaus dari para hadirin.

Menurut cucu Raja Bone ke 32 Andi Mappanyukki ini, langkah itu bisa dilakukan selama untuk kepentingan masyarakat, misalnya adanya penyerapan tenaga kerja serta dapat meningkatkan pendapatan daerah.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com