SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Program PEN Melalui Pemulihan Ketahanan Pangan, Pemdes Balangtaroang Salurkan Bibit Durian ke Warga - SULSELLIMA.COM

Program PEN Melalui Pemulihan Ketahanan Pangan, Pemdes Balangtaroang Salurkan Bibit Durian ke Warga

BULUKUMBA, SULSELLIMA.com -  Salah satu Program Desa dalam upaya Pemulihan Ketahanan Pangan dimasa pandemi,  Pemerintah Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba. membagikan bantuan berupa bibit durian unggulan.


Program bantuan ini bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2022 yang di salurkan dan di berikan ke rumah warga yang ada di Desa Balangtaroang.

Setelah kurang lebih 4 tahun bergelut dengan pandemi Covid-19, perlahan-lahan Pemerintah kembali menata segala sektor yang terdampak utamanya dalam segi ekonomi.

Baca juga: Wujudkan Endemi Covid-19, Binda Sulsel Perkuat Vaksinasi di Bulukumba

Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah meluncurkan Program Ketahanan Pangan Nasional yang ditujukan guna mendukung pasokan rantai makanan dapat terpenuhi melalui penyediaan peralatan mesin pertanian dan peningkatan produktivitas lahan.

"Menindaklanjuti dari program yang diadakan kementerian, melalui surat keputusan disahkan Pengadaan Bibit Unggul untuk masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022. Setelah melakukan riset dan melalui beberapa pertimbangan, Pemerintah Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat bersepakat untuk memilih Bibit Durian sebagai jenis tanaman yang akan diperadakan dalam program tersebut. Selain cocok dengan iklim tropis durian juga memiliki nilai ekonomis sehingga dinilai sangat tetap untuk menjadi varietas yang akan diperadakan," jelas Kepala Desa Balangtaroang, Abdul Waris.

Lanjutnya, melalui lelang terbuka yang diikuti oleh tiga perusahaan penyedia yaitu PBH Agro Anugrah Mandiri, CV. Rizky Pratama Konstruksi dan PBH Kajulohe menyerahkan kelengkapan administrasi yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih penyedia bibit dalam program tersebut.

Baca juga: Camat Bontosikuyu Hadiri Penyaluran BLT Tahap II Desa Lowa

" Lelang terbuka seperti ini dianggap wajib untuk dilaksanakan untuk menjaga kepercayaan masyarakat  terhadap Pemerintah Desa dan juga kepercayaan masing-masing Perusahaan kepada Pemerintah Desa," lanjutnya.

Proses lelang terbuka didepan BPD, Perangkat Desa dan perusahaan-perushaan yang ingin mengajukan penawaran. Setelah melewati proses seleksi administrasi selanjutkan dilakukan peninjauan secara langsung untuk memastikan ketersediaan bibit dan kondisi bibit yang akan didistribusikan.

Tepatnya pada tanggal 30 Juni 2022 sebanyak 1.463 bibit Durian dengan jenis Musang King tiba di Desa Balangtaroang melalui PBH Agro Anugrah Mandiri sebagai persahaan yang terpilih menjadi penyedia bibit.

Baca juga: Program Asuransi Ternak, Ilham Azikin Harap Sektor Peternakan Semakin Menggeliat

Untuk memudahkan pendistribusian kepada masyarakat maka bibit didistribusikan melalui masing-masing RT pada setiap dusunnya.

Diharapkan masyarakat menyambut baik bantuan bibit durian ini dengan menjaga dan merawat hingga menghasilkan buah, agar tujuan dari pengadaan bibit ini dapat tercapai. *** (Citizen Jurnalism

Tags :

bm
Redaksi by: sulsellima

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com