SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Dukung Desa Wisata, Telkom Kerjasama Digitalisasi dengan Desa Bira Bulukumba - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Dukung Desa Wisata, Telkom Kerjasama Digitalisasi dengan Desa Bira Bulukumba

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Pemerintah Desa Bira Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba bersama PT Telkom membangun kerjasama digitalisasi melalui paket layanan aplikasi Simpeldesa.


Kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatangan bersama antara Kepala Desa Bira Murlawa dengan General Manajer PT Telkom Makassar Nuryadin di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Bulukumba, Jumat, 28 Oktober 2022.

Penandatanganan itu disaksikan oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Kadis PMD Akhmad Januaris, serta Kadis Kominfo diwakili Kabid Persandian Mulyadi Ganie.

Kades Bira Murlawa mengatakan bahwa untuk memajukan desa, maka harus mengikuti perkembangan digitalisasi. Perkembangan itu, katanya, harus sambut dengan baik.

"Kita mencoba membuat konsep wisata digital karena mau tidak mau kita menuju ke sana. Dengan support PT Telkom, Insya Allah kita akan capai itu," ujarnya.

Meski digitalisasi sudah dimulai di tempat wisata pantai Bira oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dengan adanya karcis digital di pintu masuk. Namun menurut Murlawa, pemerintah daerah dalam hal ini bupati, juga sudah mengintruksikan agar semua desa di Bulukumba bisa maju.

"Kita ingin semua terintegrasi untuk bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan. Sehingga, mereka sudah bisa menghitung berapa budget jika ingin berkunjung ke Bira," jelasnya.

General Manajer Telkom Makassar, Nuryadin mengaku akan menyupport semua desa khususnya desa wisata di Kabupaten Bulukumba untuk proses digitalisasi.

"Kita harap desa-desa lain juga, bisa terdigitalisasi karena pintu kemajuan ke depan dimulai dari digitalisasi saat ini," katanya.

Nuryadin mengatakan, saat ini baru desa Bira yang bekerja sama dengan Telkom di Kabupaten Bulukumba. Ia berharap, kerja sama digitalisasi di desa Bira bisa jadi langkah awal untuk desa-desa lain.

"Tujuan kerja sama ini untuk membantu desa untuk lebih dikenal publik. Apalagi sebagai desa wisata, harus punya akses lebih luas ke publik," jelasnya.

"Dengan digitalisasi, masyarakat di mana pun bisa mengakses setiap waktu dan mempertinggi potensi kunjungan ke desanya," sambungnya.

Kadis PMD Akhmad Januaris menganggap bahwa kerjasama itu, merupakan langkah maju di era globalisasi serta kemajuan teknologi informasi sekarang.

Menurutnya digitalisasi adalah suatu yang niscaya bahkan sampai ke pelosok desa. Adanya penandatanganan kerjasama yang diawali oleh Desa Bira, diharap dapat ditiru ke desa-desa lain.

"Perlu juga kami sampaikan bahwa kita di Bulukumba untuk tahun ini sudah ada 20 desa kategori Desa Cerdas yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, di mana arahnya menuju desa digital," terang Akhmad Januaris.

"Dengan adanya penetapan Desa Cerdas tersebut, Kemendes juga sudah menetapkan empat orang Duta Digital yang kesemuanya adalah putra daerah Bulukumba," tambahnya.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com