SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Dua Dekade Radio Splfm Menemani Pendengar, Radio Nggak Ada Matinya! - SULSELLIMA.COM

Dua Dekade Radio Splfm Menemani Pendengar, Radio Nggak Ada Matinya!

Saiful Alief Subarkah, Program Director Radio SPLFM
BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Meskipun zaman dan teknologi berubah, radio tetap bertahan dan masih menjadi daya tarik bagi penggemarnya. Bahkan ketika teknologi hadir, nasib radio digadang-gadang banyak orang, radio akan mati lantaran kalah saing. Lantas, bagaimana nasib radio di era industri penyiaran?


Program Director Radio SPLFM, Saiful Alief Subarkah, menilai eksistensi radio terus bertahan walaupun dinamika media penyiaran terus berubah. Sebagai media penyiaran tertua, siaran radio masih banyak ditunggu masyarakat. Namun begitu, model kontennya harus menyesuaikan dengan perubahan yang ada.

“Karena radio tidak bisa hanya tetap mengandalkan pola lama dalam aktifitas siarannya tapi harus bertransformasi ke dunia penyiaran yang baru. Meskipun demikian, radio harus tetap menjadi sarana informasi,edukasi yang kredibel kepada pendengarnya,” kata Saiful Alief Subarkah di acara cofffee day bersama awak media, Jumat ( 10/02/2023 ).

Hal lain kata Saiful Alief kenapa radio tetap bertahan pada situasi sekarang?, karena peran sentral dari pengelola radio itu sendiri yang terus berbenah untuk melakukan perubahan aktifitas penyiarannya sesuai tuntutan zaman. Pendengar tidak lagi hanya mendengarkan radio lewat frekuensi tapi  siaran radio bisa didengarkan melalui smartphone. 

“Hal ini menjadi modal untuk radio tetap eksis dan berkontribusi di era industri penyiatan saat ini. Radio itu tidak ada matinya. Radio tetap ada di setiap zaman, bahkan dengan hadirnya teknology penyiaran radio terus berbenah demi mempertahankan eksistensinya kepada khalayak pencinta radio serta tetap mempertahankan pola siaran yang berbasis kearifan lokal,” Kata Saiful Alief Subarkah.

Namun begitu, pengembangan tersebut harus diimbangi dengan pembenahan secara nyata. Pembenahan ini, kata Saiful Alif, terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia agar mampu  menghasilkan materi siaran yang lebih bisa diterima oleh khalayak pendengar.

Dalam kesempatan itu, Saiful Alief menegaskan bahwa Radio Swara Panrita Lopi FM akan selalu hadir disetiap ruang – ruang teknologi penyiaran melalui dinamika siaran radio di era digitalisasi internet yaitu visualisasi penyiaran radio, radio tidak hanya bisa didengarkan tapi radio sudah bisa di tonton melalu live streaming lewat online atau android.

20 years Anniversary Radio Splfm 13 februari 2003 – 13 februari 2023

SELAMA MANUSIA MEMILIKI TELINGA KEBERADAAN RADIO AKAN ADA SELAMANYA “RADIO NGGAK ADA MATINYA” TONTON YANG ANDA DENGAR

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com