SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Catat! Ini Jadwal Safari Ramadhan Pemkab Bulukumba - SULSELLIMA.COM

Catat! Ini Jadwal Safari Ramadhan Pemkab Bulukumba

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Bulan ramadan kembali bersua. Sesuai sidang isbat pemerintah melalui Kementerian Agama, 1 ramadan 1444 hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 yang lalu.


Seperti tahun sebelumnya,  dalam mengisi bulan suci ramadan, pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba kembali akan menggelar Safari Ramadan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Safari Ramadan kali ini tidak lagi dibagi dua tim yang masing masing dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati. Namun Safari Ramadan tahun ini disatukan, sehingga bupati dan wakil bupati akan hadir di 10 kecamatan.

Kabid Humas Diskominfo, Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan, karena tidak lagi dibagi dalam dua tim, sehingga jadwal Safari Ramadan cukup panjang atau 10 hari. Namun demikian pelaksanaannya dilakukan 3 kali dalam sepekan yang dimulai setiap hari Minggu.

Dikatakan, meski ada surat edaran Mendagri terkait peniadaan buka puasa, namun kata Andi Ulla sapaan akrabnya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba tetap menggelar Safari Ramadan di 10 kecamatan. Bedanya cuma tidak ada buka puasa bersama sebagaimana tahun tahun sebelumnya.

"Pemkab tetap menggelar Safari Ramadan karena tidak bertentangan dengan Surat Edaran Mendagri tentang Peniadaan Buka Puasa Bersama. Bedanya cuma tidak ada lagi buka puasa bersama,"  ungkap Andi Ayatullah Ahmad, Minggu 26 Maret 2023

Untuk diketahui kegiatan buka puasa bersama selama Safari Ramadan sudah dianggarkan dalam APBD setiap tahunnya. Namun karena ada larangan dari pemerintah pusat, sehingga kegiatan buka puasa bersama ini tidak lagi dilaksanakan.

Meski tidak ada buka puasa bersama, agenda Safari Ramadan tetap berlangsung seperti shalat Isya dan Tarwih berjamaah di masjid salah satu desa/kelurahan yang ditunjuk.

Di masjid (lokasi Safari Ramadan), Pemkab Bulukumba akan menyerahkan bantuan pembangunan masjid secara simbolis, begitu pula bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba yang akan memberikan bantuan kepada guru mengaji tradisional dan warga prasejahtera.

Adapun pelaksanaan Safari Ramadan akan dimulai pada hari ini Minggu 26 Maret di Kecamatan Rilau Ale, tepatnya di Masjid Babul Jannah Kelurahan Palampang.

Berikut Jadwal Lengkap Safari Ramadan dan tempatnya :

Minggu 26 Maret 2023

Kecamatan Rilau Ale

Tempat : Masjid Babul Jannah Kelurahan Palampang

Senin 27 Maret 2023

Kecamatan Bulukumpa 

Tempat : Masjid Nurul  Desa Balang Taroang

Rabu 29 Maret 2023

Kecamatan Herlang

Tempat : Masjid Nurul Yaqin Desa Gunturu

Minggu 2 April 2023

Kecamatan Kajang

Tempat : Masjid Nurul Jihad Desa Lembanna

Senin 3 April 2023

Kecamatan Bontobahari 

Tempat : Masjid Nurul Yaqin Desa Ara

Selasa 4 April 2023

Kecamatan Bontotiro 

Tempat : Masjid Babul Khaer Desa Tamalanrea

Minggu 9 April 2023

Kecamatan Ujungloe 

Tempat : Masjid Jami Babul Jannah Desa Manjalling

Senin 10 April 2023

Kecamatan Gantarang

Tempat : Masjid Al-Istiqamah Kampung Baru Desa Polewali 

Selasa 11 April 2023

Kecamatan Kindang

Tempat : Masjid Nurul Yaqin Bangsalayya Kelurahan Borong Rappoa

Minggu 16 April 2023

Kecamatan Ujungbulu 

Tempat : Masjid Agung Bulukumba

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com