SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Ini Harapan Direktur Program Radio Swara Panrita Lopi FM di Harsiarnas Ke - 90 - SULSELLIMA.COM

Ini Harapan Direktur Program Radio Swara Panrita Lopi FM di Harsiarnas Ke - 90

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Momentum Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90 tahun 2023 ini menjadi momentum tersendiri bagi para insan penyiaran  di tanah air baik radio maupun televisi.


Kali ini  bakal membahas perkembangan radio ditengah gempuran media mainstream saat ini. Dan beberapa orang yang sukses mengawali karir sebagai penyiar radio.

Terkait perkembangan radio saat ini, Direktur Program Radio Swara Panrita Lopi FM, Saiful  Alief Subarkah angkat bicara mengenai perjalanan radio dulu hingga perkembangan internet saat ini. Menurut pria yang akrab disapa Bang Iful, radio itu dunia yang  selalu berubah. Kenapa berubah, sebab bicara radio sama dengan membahas suatu lembaga yang didalamnya ada kreasi dan seni. Yang mana seni itu tak mungkin membatasi sebuah kreativitas/ekspresi manusia yang bergelut di dalam lembaga tersebut.

"Sampai kapan pun radio tetap akan diperlukan. Hanya dimensinya saja yang berubah karena teknologi dan ilmu komunikasi yang berkembang. Tapi radio akan selalu abadi, Radio Nggak Ada Matinya" kata Bang Ifulk disela tugasnya memandu sebuah program acara talkshow, Sabtu (1/04/2023).

Saiful Alief Subarkah mengatakan ada sedikit perbedaan dengan konsep siaran pertama kali dirinya menjadi seorang announcer dengan siaran saat ini. Kalau dulu, teringat, suara sang penyiar lebih ditunggu ketimbang lagu yang diputarnya saat jeda siaran. 

"Dunia radio seperti dunia maya,  orang mungkin tidak tahu wajah sang  penyiar, tapi mereka dicari oleh pendengar," ungkapnya .

Namun mengikuti perkembangan zaman saat ini, beberapa stasiun radio yang mengudara lewat internet penampilan sang penyiar menjadi nilai tambah dari radio tersebut. Tak jarang gaya penyiar tersebut menjadi pemikat lain si pendengar.

Tetapi dari penilaiannya tetap saja radio itu merupakan dunia seni yang membutuhkan kreatif dari para pengelolanya. Karena itu dia tetap yakin meski perkembangan media mainstream semakin berkembang namun radio tetap memiliki hati di setiap pendengar setianya.

" Radio pada dasarnya sebuah industri kreatif yang harus dikelola secara baik dan bagaimana bertransformasi sesuai perkembangan zaman. Tak sedikit radio yang dulunya berjaya kemudian terlindas zaman karena pengelolanya kurang kreatif.’’ kata Saiful Alief.

Di Hari Penyiaran Nasional ke – 90 ini 1 April 2023. Menurutnya, Hari Penyiaran Nasional ini wajib dimaknai dengan semangat positif demi memberikan tatanan yang baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui dunia penyiaran. 

Melalui Harsiarnas ini diharapkan dunia penyiaran harus mampu menghadirkan siaran yang menginspirasi setiap insan penyiaran, menggugah kreativitas serta mendorong produktivitas anak bangsa dengan konten siaran yang sehat dan berkualitas yang dapat mempersatukan segenap elemen anak bangsa.

" Selamat Hari Penyiaran Nasioanal Ke – 90 “Jayalah terus dunia penyiaran indonesia” sebut Saiful Alief Subarkah sebagai closingnya.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com