SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Serahkan Dokumen Perbaikan Bacaleg ke KPU, DPC Partai Demokrat Bulukumba Optimis Tambah Kursi di Pileg 2024 - SULSELLIMA.COM

Serahkan Dokumen Perbaikan Bacaleg ke KPU, DPC Partai Demokrat Bulukumba Optimis Tambah Kursi di Pileg 2024

BULUKUMBA, SULSELLIMA,COM - KPU Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebut 17 partai politik ( parpol) yang sudah mengajukan dokumen perbaikan persyaratan bacaleg pada hari terakhir masa pengajuan, Minggu (09/07/2023), pukul 23.59 Wita.


"Sampai saat ini baru 17 parpol yang mengajukan dokumen perbaikan persyaratan bacaleg ke kantor. Masih ada 2 parpol yang belum," kata Anggota KPU Bulukumba, Rahmat Fajar

Menurut Rakhmat Fajar, dari 17 parpol yang sudah mengajukan bacaleg ke KPU Bulukumba, hanya 2 parpol yang belum memberikan konfirmasi terkait kehadirannya hari ini.

Kendati begitu, sesuai tahapan yang ada dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2023, batas waktu pengajuan dokumen perbaikan persyaratan bacaleg hingga pukul 23.59 Wita nanti.

"Ada dua parpol yakni dari PSI dan Partai Garuda, yang belum konfirmasi akan mengajukan dokumen perbaikan bacalegnya pada hari terakhir ini. Tapi kami tetap tunggu sampai batas waktu pukul 23.59 Wita. Kalau tidak ada berarti tidak lolos," ucap Rakhmat Fajar 

Rakhmat Fajar mengakui bahwa dokumen persyaratan bacaleg tak ada yang sulit. Tidak ada yang sulit. Misalkan KTP, ijazah legalisir, surat kesehatan, surat dari pengadilan, BB (kode) pernyataan. Lalu kalau Napi meminta surat pernyataan bebas dari Lapas. Kemudian terdaftar sebagai pemilih. Dokumen tinggal diupload jadi tidak terlalu sulit," ujarnya.

Rakhmat Fajar juga beberkan sebagian besar parpol menyampaikan kesulitan untuk mencari Caleg. Sehingga kewalahan untuk mengajukan dokumen perbaikan persyaratan bacaleg lebih awal.

"Ada pengakuan sebagian besar parpol sulit cari Caleg. Nanti tanyakan parpol masing-masing lagi. Misalnya awalnya parpol masukkan bacaleg untuk isi kuota biar bisa memenuhi. Tapi pada masa perbaikan, bacalegnya diganti sehingga kewalahan," tuturnya.

Saat ditanyai terkait perubahan komposisi bacaleg dari 16 parpol, Rakhmat Fajar menuturkan dirinya tak mengetahui secara pasti.

Saya tidak tahu, tapi yang pasti ada beberapa partai yang melakukan pengurangan bacaleg. Dari 30 bacaleg jadi 20 saja. Bahkan sebelumnya di Dapil itu ada, tapi tiba-tiba nihil," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC Partai Demokrat Bulukumba Sabri melalui Sekertaris Demokrat Basri Yulianto menyampaikan, pihaknya telah menyerahkan dokumen perbaikan dan alhamdulillah sudah diterima, Semua dokumen perbaikan yang sudah diperbaiki hari ini kami sudah serahkan dan menurut kami semuanya sudah benar dan lengkap serta memenuhi syarat," ungkap sekertaris DPC Partai Demokrat Bulukumba.

Sekertaris Partai Demokrat, Basri Yulianto bahwa setelah dokumen perbaikan diserahkan dan Diterima oleh Komisi Pemilihan Umum, berarti Partai Demokrat Sudah Siap dalam kompetisi Pemilu 2024 mendatang.

"Sekedar diketahui Jauh-jauh sebelumnya Partai Demokrat itu sudah mempersiapkan dari dini, mulai dari Dokumen Bakal calon anggota dewan, KorDapil telah melakukan Verifikasi dan perbaikan berkas lebih awal sehingga berkas yang diserahkan ke KPU semuanya sudah benar dan lengkap serta memenuhi syarat." tegas Basri 

Sebanyak 40 bacaleg partai Demokrat Bulukumba  merupakan orang-orang pilihan yang direkrut dan mempunyai latarbelakang yang berbeda. Diantaranya ada mantan ASN, pengusaha, tokoh perempuan, tokoh pemuda, milenial, tokoh pendidikan dan politisi yang mempunyai integritas dan mempunyai rekan jejak di mata masyarakat Bulukumba.

"Dengan Hadirnya wajah baru yang dinominasi Golongan muda dan milenial yang tergabung dalam Partai Demokrat Maka Demokrat Semakin Optimis dan konsisten menang," jelas Sekertaris Demokrat Bulukumba.(*)



Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com