SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang DPK KNPI Bulukumpa : Menantang Caleg Dapil Bulukumpa Rilau Ale Perangi Politik Uang di Pemilu 2024 - SULSELLIMA.COM

DPK KNPI Bulukumpa : Menantang Caleg Dapil Bulukumpa Rilau Ale Perangi Politik Uang di Pemilu 2024

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Kabupaten Bulukumba yang masuk 8 besar politik uang dari lebih 500 Kabupaten dan Kota di Indonesia menjadi preseden buruk jelang Pemilu 2024.


Politik uang yang menjadi 'senjata ampuh' untuk merebut kemenangan adalah tantangan bagi generasi muda saat ini.

Memerangi politik uang menjadi beban moral bagi pemuda di Bulukumpa melalui dialog yang dilaksanakan oleh DPK KNPI Kecamatan Bulukumpa.

Dengan Tema Politik uang meresahkan atau hal yang lumrah?. Ini menjadi diskusi yang menghadirkan Ketua Panwascam Bulukumpa, Muhammad Jafar, Ketua KPU Bulukumba, Asbar dan Ketua KNPI Bulukumba, Rais serta Ketua MPI KNPI Bulukumba, Akhmad Rivandi.

Dalam dialog ini, politik uang di Bulukumpa hanya bisa diperangi oleh pemuda.

Rais mengatakan, Panwas sejauh ini tak bisa membendung kekuatan politik uang yang beredar. Itu karena minimnya personel.

"Olehnya, hanya pemuda yang bisa melakukan itu. Dan ini menjadi momentum bagi KNPI untuk melakukan hal ini," Jelasnya.

Sementara, Muhammad Jafar berpendapat, politik uang saat ini tengah bergeser ke cara lebih modern dan transaksional.

"Panwaslu bekerja sesuai prosedur dan regulasi yang ada. Namun ada fakta yang tersaji, saat ada informasi terjadi transaksi politik uang, saat kita di lokasi, itu tidak ditemukan," Jelasnya.

Menurut Jafar, minimnya data dan saksi menjadi kendala bagi Panwascam untuk membuktikan adanya politik yang yang beredar saat ini.

Sementara, Akhmad Rivandi menilai publik terlalu optimis jika masyarakat telah pintar memilih.

"Soal hari ini kenapa Anggota DPRD banyak terjerat kasus korupsi karena mereka menilai proses pemilu itu sangat mahal.," pintanya.

Olehnya, Ketua DPK KNPI Bulukumpa. Suryandi Asbir, menantang seluruh caleg dapil bulukumpa rilau ale untuk mendeklarasikan diri agar tidak melakukan money politik, Tutupnya.


Penulis : Sakril/SL

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com