SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang 462 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, BMKG Imbau Masyarakat Waspada - SULSELLIMA.COM

462 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

KALTIM, SULSELLIMA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan telah mendeteksi sebanyak 462 titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin, 30 Oktober. Oleh karena itu, semua pihak diminta untuk waspada dan saling mengingatkan agar tidak ada penambahan titik panas.

"Titik panas ini terpantau sepanjang hari mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I Sultan Aji Muhammad, Diyan Novrida, pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Diyan menjelaskan bahwa titik panas ini tersebar di satu kota dan tujuh kabupaten di Kaltim, yaitu Kota Samarinda, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Informasi terkini mengenai sebaran titik panas telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi dan kabupaten masing-masing untuk ditindaklanjuti.

Diyan juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dia menyarankan agar masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran saat membersihkan atau membuka lahan, karena daun dan ranting kering sangat rawan menyebabkan kebakaran lebih luas.

Sebelumnya, pada Minggu, 29 Oktober, BMKG juga telah mendeteksi sebanyak 392 titik panas tersebar di tujuh daerah. Sedangkan 462 titik panas yang terpantau sepanjang Senin kemarin tersebar di delapan daerah.(Muhammad Yunus)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com