SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Gandeng Media, MA Darul QALAM Bulukumba Gelar Pelatihan Jurnalistik - SULSELLIMA.COM

Gandeng Media, MA Darul QALAM Bulukumba Gelar Pelatihan Jurnalistik

Peserta pelatihan jurnalistik MA Darul Qalam Bulukumba berfoto bersama pemateri. (Foto:dok_sulsellima) 

BULUKUMBA, SULSELLIMA - Madrasah Aliyah Darul Qalam Bulukumba menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan dilakukan dengan mengandeng salah satu jurnalis berpengalaman dari media sulsellima. 


Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari ini, Sabtu, 16 Desember 2023 dengan menghadirkan narasumber, pimpinan redaksi sulsellima, Andi Awal Tjoheng dan diikuti peserta terpilih dari kelas X-XII sebanyak 20 peserta. 

Adapun materi yang diberikan meliputi Dasar dasar Jurnalistik, menulis berita, peliputan, wawancara, Fotografi, pembuatan konten  hingga cara live streaming dan menjadi host. Termasuk cara bijak menggunakan media sosial. 

Abdullah, Kepala MA Darul Qalam Bulukumba menjelaskan, pelatihan ini merupakan yang pertama kalinya digelar. Ini bertujuan untuk membekali para siswa agar bijak menggunakan media sosial dan sekaligus bisa memamfaatkanya untuk hal positif.

‘’ Setelah pelatihan ini kalian harus bisa mengembangkan ilmunya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada pemateri. Tolong saya berpesan ilmu kejurnalistikanya dikembangkan, tularkan juga ilmu ini ke teman teman kalian yang tidak ikut disini,’’pesanya kepada para peserta. 

Setelah mendapat materi,  semua peserta dibimbing untuk langsung terjun ke dunia praktik menjadi jurnalis. 

Wakamad Kesiswaan, , Rusdi Syam menyampaikan setelah semua peserta mendapatkan teori-teori jurnalistik, langsung diterjunkan ke dunia praktik.

“Tujuannya agar melatih pemikiran-pemikiran kritis dan belajar membuat karya-karya dengan waktu singkat. Supaya mempunyai pemikiran yang cemerlang, karena “Aku berfikir maka aku ada,” tuturnya. ***

Penulis: FADIL ASHAD dan HARUN AL - RASYID

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com