SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pemkab Selayar Siapkan Mudik Gratis Bagi Mahasiswa dan Pelajar, Ini Jadwalnya - SULSELLIMA.COM

Pemkab Selayar Siapkan Mudik Gratis Bagi Mahasiswa dan Pelajar, Ini Jadwalnya

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengumumkan program mudik gratis bagi mahasiswa dan pelajar asal Selayar yang sedang menempuh pendidikan di Makassar. 


Menyusul penetapan Kementerian Agama (Kemenag) RI terkait penanggalan Hijriah Indonesia Tahun 2024, di mana 21 Ramadhan 1445 H bertepatan dengan 1 April 2024, dan diperkirakan Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Kepala Dishub, Drs. Suardi, MM, sebagai penanggung jawab program, mengungkapkan bahwa kuota pendaftar calon peserta mudik gratis mencapai lebih dari 350, jumlah yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Pendaftaran untuk perjalanan dari Makassar ke Selayar akan dibuka mulai tanggal 4 hingga 5 April 2024, dengan rute Bira ke pulau-pulau menggunakan KM Takabonerate dan rute Bira ke Benteng menggunakan KM Express Bahari. Selain itu, pendaftaran untuk gelombang kedua akan dibuka pada tanggal 7 April 2024.

Lebih lanjut, Drs. Suardi menjelaskan bahwa armada bus yang akan digunakan bukanlah milik swasta, melainkan armada Dishub Pemprov Sulawesi Selatan, untuk menghindari gangguan terhadap penumpang umum yang menggunakan transportasi umum Makassar – Selayar.

Program ini diharapkan dapat memberikan bantuan bagi mahasiswa dan pelajar asal Selayar yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. 

Awis Rigo, koordinator mahasiswa mudik dari Gerakan Mahasiswa Pelajar Pasilambena (GMPP), menyatakan bahwa program mudik gratis merupakan harapan besar bagi mereka. Dia juga menekankan bahwa program ini bukanlah hal baru, melainkan telah menjadi tradisi tahunan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dengan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, terutama Dinas Perhubungan, mahasiswa dan pelajar Selayar berharap program mudik gratis ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang.(TIM)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com