SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bersama 47 Kepala Daerah, Bupati Bulukumba Komitmen Bangun Mal Pelayanan Publik - SULSELLIMA.COM

Bersama 47 Kepala Daerah, Bupati Bulukumba Komitmen Bangun Mal Pelayanan Publik

sulsellima.com Jakarta - Puluhan Kepala Daerah se Indonesia menghadiri penandatanganan Komitmen Pembangunan Mal Pelayanan Publik. Dari Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali hadir bersama kepala daerah dari Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Selayar.
Penandatanganan komitmen ini dilakukan bersama Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, yang disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, antusiasme tinggi membangun MPP menunjukan niat usaha yang baik dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Hadirnya MPP diharapkan mampu membentuk ASN modern dan memiliki pola pikir untuk bekerja profesional.

"MPP menghadirkan ASN modern yang memiliki pola pikir untuk berkinerja tinggi, dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga berdampak pada tumbuhnya industri mikro dan kecil,” ungkap Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo menjelaskan, sejak 2017 hingga saat ini, telah dibangun sebanyak 24 MPP di berbagai kabupaten kota di Indonesia. MPP merupakan pembaharuan sekaligus suatu langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik, dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi.

Inovasi pemerintah ini hadir untuk mendobrak rutinitas dan menjadi solusi terhadap anggapan bahwa pelayanan pemerintah memakan banyak waktu, berbelit-belit, dan tidak transparan. Digitalisasi pelayanan memungkinkan pelayanan menjadi lebih cepat, mudah, dan terjangkau.

MPP juga diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemberian pelayanan. Sebab kunci dari efektifitas kehadiran MPP adalah integrasi sistem pelayanan yang memanfaatkan kemajuan perkembangan teknologi informasi.

Efektivitas ini juga dirasakan masyarakat karena cukup hadir pada satu tempat, mereka mendapatkan berbagai layanan. Di MPP ini, layanan terintegrasi antara pemerintah pusat, daerah bahkan swasta. Hal ini tentunya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan juga menghemat waktu.

"MPP mengintegrasikan pelayanan pusat dan daerah, serta pelayanan bisnis dalam satu tempat," jelas Menteri Tjahjo.

Tjahjo MPP mampu mendorong kemudahan berusaha, yang menjadi salah satu tujuan dari reformasi pelayanan perizinan. Kehadiran MPP agar mampu menjawab tantangan ini, karena bergabungnya berbagai unit pelayanan yang berkaitan dengan pelayanan perizinan, diharapkan proses penerbitan izin usaha akan semakin mudah.

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali mengatakan MPP hadir sebagai upaya perbaikan layanan publik yang lebih nyaman dan efektif. Ia merespon penandatanganan komitmen tersebut sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

"Tahun ini kita akan mulai proses pembangunannya, semoga MPP ini segera terwujud," pintanya.(Aril)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com