Menyebarnya Virus Corona, Bupati Sinjai Himbau Masyarakat Tetap Tenang dan Tidak Panik

sulsellima.com Sinjai - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), menghimbau kepada masyarakat di Bumi Panrita Kitta untuk tetap tenang dan tidak panik menghadapi ancaman virus corona atau covid-19.
Sebab, sampai saat ini di Kabupaten Sinjai belum ada pasien yang positif terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Hingga saat ini di Kabupaten Sinjai tidak ada satupun orang yang terdaftar sebagai pasien dalam pengawasan ataupun pemantauan serta belum ada yang positif akibat virus corona," tegas Bupati ASA saat melakukan kunjungan Posko Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan Sinjai, Selasa (17/3/2020) sore.

Demikian Alumnus Monash University Melbouene Australia ini meminta, agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi terkait dengan kasus corona yang tidak jelas sumbernya.

"Saya harap agar tidak ada informasi hoax atau bohong yang beredar ke masyarakat mengenai orang dalam pemantauan," kata ASA seraya mengimbuhkan bahwa saat Pemkab Sinjai telah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus tersebut.

Diantaranya, telah membentuk gugus tugas dan mendirikan 13 posko siaga virus corona di sejumlah titik yang ada di Kabupaten Sinjai. Tujuannya, beber ASA sebagai sarana dan pusat informasi tentang bagaimana penanganan virus Corona itu.

Demikian juga sebagai pusat informasi untuk instansi yang berperan untuk menangkal penyebaran corona tersebut baik itu melalui pemerintah daerah, Kepolisian, TNI dan aparat lainnya yang bersama-sama untuk melakukan pencegahan.

Sementara terkait dengan kesiapan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit, Bupati muda ini mengatakan bahwa, pihak Rumah Sakit sudah menyampaikan dan telah menyediakan ruang isolasi khusus.

"Rencananya besok saya akan melakukan kunjungan di ruangan RS tersebut, perawat dan dokter baik di RS maupun di Puskesmas sudah siap melakukan penanganan awal," ketusnya.

Meski demikian sambung Bupati ASA berdasarkan standar prosedur yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat, ia mengaku tidak punya kewenagan untuk melakukan tes dan lain sebagainya.

"Tapi apabila kami menemukan suspek yang bisa dianggap sebagai pasien dalam pengawasan kami akan segera merujuk ke Rumah Sakit Wahidin, sebagai Rumah Sakit utama yang telah disiapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menangani pasien Corona," pungkas Bupati ASA.

Dalam kujungannya di Posko Covid-19, Bupati ASA didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa yang juga Ketua Gugus Tugas pencegahan virus corona, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai Irwan Suaib.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com