Pandemi Covid-19, DPP KKB Bantu Sembako Warga di Kampung Halaman

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pandemi Covid-19, DPP KKB Bantu Sembako Warga di Kampung Halaman

SULSEL LIMA
Sunday, 10 May 2020
sulsellima.com Bulukumba -Perkumpulan para perantau asal Bulukumba yang berada di luar daerah yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba (DPP KKB), Sabtu 9 Mei 2020 melakukan aksi KKB Peduli untuk membantu warga kurang mampu, lansia, janda, tukang becak, pesantren, dan warga terdampak Covid-19 lainnya di sepuluh kecamatan di Kabupaten  Bulukumba Sulawesi Selatan.
Rombongan Dewan Pimpunan Pusat dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba, H Andi Badi Sommeng didampingi Sekretaris Umum Hendra Pachri, Ketua KKB M Carda Patawari beserta sejumlah pengurus DPP KKB lainnya.

 Ketua Umum DPP KKB, H Andi Badi Sommeng mengatakan KKB Peduli ini merupakan aksi kepedulian warga Bulukumba yang ada di perantauan untuk kembali ke kampung halaman untuk saling berbagi paket sembako yang dikumpulkan dari perantau asal Bulukumba yang berdomisili di beberapa kota/ propinsi di Indonesia.

"Jadi bantuan paket sembako ini adalah swadaya atau donasi dari pengurus, dewan pakar, dewan pembina, dewan penasehat dan juga beberapa DPC KKB. Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada seluruh donatur yang ikut berpartisipasi dalam program KKB Peduli ini," bebernya.

Dijelaskan pula jika KKB Peduli ini juga sebagai kepedulian perantau asal Bulukumba di bulan Ramadan apalagi dalam situasi Pandemi Covid-19.

"Tahun sebelumnya, kami kemas dalam bentuk safari Ramadan dengan memberikan bantuan pembangunan ke beberapa masjid. Tahun kemarin kami safari bersama dengan Imam Shamsi Ali (Imam Besar Masjid New York, Amerika Serikat), namun kali ini kami kemas dalam bentuk KKB Peduli di tengah Pandemi Covid-19," jelas Andi Badi Sommeng.

Sementara Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Keluarga Bulukumba, Hendra Pachri menyampaikan aksi KKB Peduli ini sudah berjalan sejak Pandemi Covid-19 mewabah di Sulawesi Selatan.

"Aksi perdana kami berupa pembagian masker ke perantau Bulukumba yang ada di Makassar, Gowa, Maros dan juga beberapa Puskesmas di Bulukumba. Selain itu juga kami sasar panti asuhan yang ada di kampung Kajang," tuturnya.

Tidak sampai di situ saja, lanjut Hendra mengatakan bahwa aksi pembagian paket sembako juga telah kami lakukan di Makassar dan sekitarnya untuk warga Bulukumba yang kurang mampu, kemudian ke Mahasiswa asal Bulukumba yang di Makassar serta panti asuhan.

"Alhamdulillah, sebelum kami kembali ke kampung halaman berbagi ratusan paket sembako, DPP KKB telah melakukan hal serupa di Makassar dan sekitarnya," terang dia.

Diketahui paket sembako hasil donator perantau asal bulukumba ini, sesuai amanah yang diberikan dan didistribusikan pada warga pada 10 Kecamatan yang ada di Bulukumba. Tentunya, warga yang menerima paket sembako ini, benar-benar memenuhi kreteria yang layak sebagai penerima.

“Alhamdulillah, kami telah menjalankan amanah dari bapak/ibu saudara kita yang diperantauan untuk membagikan paket sembako,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkan Hendra, aksi KKB Peduli ini akan terus berlanjut.

Warga Bulukumba, Husain selaku penerima manfaat dari KKB Peduli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Pimpinan Pusat Kerukunan Kelurga Bulukumba yang dimana menghimpun warga Bulukumba yang ada di perantauan. Semoga rejekinya berlipat ganda dan senantiasa diberikan kesehatan.

"Alhamdulillah dapat bantuan sembako dari DPP KKB, semoga berkah dan diridhoi Allah SWT, mendapat balasan nikmat yang banyak dan kebahagiaan dunia akhirat," ujarnya. 

Warga lainnya adalah Raba, seorang lansia sebatangkara, setelah ditinggal pergi selamanya oleh suami dan 3 orang anaknya. 

Raba warga Kecamatan Herlang yang tinggal di tengah perkampungan dan seorang diri saat ditemui rombongan dengan penuh haru menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada KKB yang telah meluangkan waktunya menyambangi dirinya di rumahnya. 

"Terima kasih banyak nak sudah datang meluhat saya di ini, membantu sembako. Senang sekali karena saya sendirian di rumah tidak ada anak dan suami," kata dia sembari meneteskan air matanya.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba memberikan apresiasi yang tinggi terhadap masyarakat Bulukumba yang ikut mencegah virus Covid-19 yang kini melanda tanah air.

Bupati Bulukumba, Andi Sukri A Sappewali memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus DPP Kerukunan Keluarga Bulukumba yang telah membantu secara sukarela dalam upaya mencegah Covid-19.

"Saya sangat mengapresiasi atas kepedulian masyarakat Bulukumba di perantauan (DPP KKB) yang secara sukarela turun membantu dan terlibat dalam upaya mencegah Covid-19. Berharap agar rasa kepedulian kebersamaan dan persaudaraan tetap terbina,” beber Bupati berlatar belakang militer ini.(*)