Mahasiswa dan KT Sipakatuo Desa Balangtaroan Gelar Sosialisasi Pelayanan Disduk Capil

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Mahasiswa dan KT Sipakatuo Desa Balangtaroan Gelar Sosialisasi Pelayanan Disduk Capil

SULSEL LIMA
Wednesday, 21 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Mahasiswa KKN-DK Angkatan 64  Kelompok 15 Zona 2 Bulukumba, Ikut berpatisipasi dalam mensukseskan kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan dinas dukcapil Kabupaten Bulukumba


 Kegiatan sosialisasi tersebut kerjasama dengan Karangtaruna Siapaka Tuo, Desa Balangtaroang dengan mengambil Tema "Pelayanan dokumen kependudukan berbasis online dimasa pandemi corona kabupaten kulukumba” Bertempat di Aula Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba. Rabu (21/10/2020).


Kegiatan sosialisasi turut di hadiri Kepala disdukcapil bulukumba diwakili kabid lendaftaran penduduk Andi Afriadi, Kepala Desa Balangtaroang Abdul Waris, Ketua PPDI Kab. Bulukumba Suherman, Ketua Karangtaruna Sipakatuo Arianto. Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat Desa Balangtaroang.


 Andi Afriadi  mewakili kadis menyampaikan bahwa pelayanan melalui dalam jaringan (daring) serta  pendataan dan perekaman  terhadap    pemilih pemula yang diwajibkan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk untuk mesukseskan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020.


“Seluruh penduduk khususnya pemilih pemula, itu harus memiliki identitas kependudukan sebagai dasar untuk didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum Kab.Bulukumba selanjutnya kami dari Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarkat melalui fasilitasa media sosial melalui whatsapp atau  link yang ada difacebook yang bisa digunakan untuk mendaftar KTP Akta maupun kk,"tutur Andi Afriadi  mewakili kadis disdukcapil


Lebih lanjut, dia juga berharap agar kegiatan sosialisasi seperti ini tersampaikan informasi  kepada masyarakat terkait denga hal-hal yang berkaitan dengan pencatatan Sipil,"ujarnya yang juga pemateri dalam sosialisai kebijkan kependudukan.


Di tempat yang sama, Muh Arsyi Wahab Mahasiswa KKN-DK angkatan 64 Kelompok 15 Bulukumba menekankan  bahwa Pelayanan di Pemerintahan Desa Bukan hanya sebagai pemberi pengantar administrasi tapi seharusnya juga mendampingi atau  memfasilitasi sampai ke Dinas Pencatatan Sipil  sehingga asas cepat, mudah, dan murah itu tercapai,”tutupnya saat selesai memandu sosialisasi Dinas Dukcapil


Ketua karangtaruna Sipakatuo Desa Balangtaroang  Arianto, juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi ini dilksanakan agar masyarakat paham dan mengerti prosedur kepengurusan di dinas kependudukan dan catatan sipil di tengah pandemi covid 19 yang berbasis online. 


“Masyarakat pun harus mendapatkan informasi penting bahwasanya  dibalik pandemi ada kemudahan dalam mengakses informasi dan layanan yang disediakan capil kabupaten bulukumba. Jadi pengurusan dicapil itu bisa manual dan online,”terang anto sapaanya.(*)