PIK-R MAN 1 Bulukumba Bekerjasama BKKBN Gelar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja

Iklan Semua Halaman

Header Menu

PIK-R MAN 1 Bulukumba Bekerjasama BKKBN Gelar Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja

SULSELLIMA
Thursday, 19 November 2020


Sulsellima.com, BULUKUMBA, - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Bulukumba bekerjasama dengan  Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba menggelar sosialisasi dan penyuluhan kesehatan repruduksi remaja, bertempat di Aula MAN 1 Bulukumba, Kamis, (19/11/2020). 


Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta didik MAN 1 Bulukumba yang juga tergolong kedalam usia remaja. Sosialisasi PIK-R ini bertujuan untuk mengedukasi dan membentuk kader-kader penyuluh di kalangan pelajar agar mereka dapat mempersiapkan kehidupan berkeluarga melalui pemahaman pendewasaan usia perkawinan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.


"Sosialisasi ini sangat penting, terkait materi pendidikan repruduksi untuk disisipkan kedalam pembelajaran di MAN, Kita bersama-sama membantu generasi muda agar sukses dalam melangsungkan pendidikan, berkarir dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan usia perkembangannya, serta untuk menekan angka kenakalan remaja dan pergaulan bebas akibat perkembangan teknologi,” jelas Sitti Hamzah, Wakamad Humas MAN 1 Bulukumba.


Tak hanya sosialisasi kesehatan repruduksi, kegiatan ini juga dalam mengantisipasi Seks Pranikah, serta penggunaan Napza di kalangan pelajar.


Pemateri dari BKKBN kabupaten Bulukumba, Natsir Naim menyebutkan, program ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian terhadap risiko tingginya jumlah kelahiran pada usia remaja dan pengaruh pergaulan terhadap pola perilaku remaja. 


“Remaja saat ini dapat dikatakan telah berkembang lebih dewasa dari usianya, untuk itu perlu kita berikan bimbingan dan pendidikan di madrasah untuk mengembalikan peran remaja yang seharusnya serta untuk mempersiapkan remaja ketahap perkembangan berikutnya," jelasnya.


Pembina PIK-R MAN 1 Bulukumba, Arfandi Wahyu menaruh pesan kepada perwakilan peserta didik yang mengikuti sosialisasi untuk turut membagikan pengetahuannya seputar kesehatan reproduksi kepada teman-teman sesama remaja lainnya.


“Saya berharap peserta didik yang mengikuti sosialisasi ini tidak hanya menerapkan pengetahuan untuk dirinya sendiri tetapi juga membagikan kepada teman-temannya,” beber Arfandi.


Kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah pembina PIK-R MAN 1 Bulukumba, Aisyah, Anita Amalia Ikhsan, Rahmawati, Vivi Novita Sari. (*)