SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Satgas Peduli KMN Salurkan Bantuan ke Daerah Terdampak Gempa Sulbar - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Satgas Peduli KMN Salurkan Bantuan ke Daerah Terdampak Gempa Sulbar

Makassar, sulsellima.com - Satuan Tugas Kesatuan Mahasiswa Nusantara Peduli (Satgas KMN Peduli) melakuan pendistribusian bantuan berupa paket sembako, keperluan bayi dan ibu, serta sejumlah obat-obatan ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Barat, Kamis (21/1). Posko Induk Satgas KMN Peduli yang berada di Jalan Poros Majene, Kecamatan Campalagian, Desa Lampoko, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), menjadi pusat sortir bantuan yang yang diperlukan untuk di bagikan berbagai wilayah pengungsian dan dampak bencala alam.


Erwin Tahir, selaku Koordinator Satgas KMN Peduli mengatakan bahwa pada gelombang pertama kami menjadikan Desa Ahu, Kecamatan Tapalang Barat sebagai fokus utama penyaluran bantuan kami saat ini. “Kami menyalurkan sejumlah bahan pokok dan logistik, serta keperluan lainnya kepada masyarakat Tappalang Barat terlebih dahulu, karena sampai dengan hari ini belum lagi ada rutinitas masyarakat seperti biasanya di Desa Ahu, masyarakat yang mayoritasnya bekerja sebagai nelayan, masih belum dapat beraktivitas seperti sedia kala,” kata Erwin.


Erwin juga melaporkan bahwa dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh kader-kader KMN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia berhasil menghimpun sebanyak kurang lebih 17 juta rupiah lebih dari para dermawan dan dan beberapa hasil usaha penggalangan dana yang dilakukan.


Saat dikonfirmasi terkait situasi dan kondisi Desa Ahu, Erwin menjelaskan  bahwa Masyarakat Desa Ahu begitu antusias menyambut kedatangan kami. “Masyarakat Desa Ahu sangat antusias menyambut kedatangan rombongan kami. Setelah melihat lokasi pemukiman yang bisa dibilang cukup jauh dari keramaian jalan lintas, dan medan yang ditempuh juga terbilang sulit, sehingga sangat minim bantuan yang sampai pada mereka, mudah-mudahan apa yang kami berikan dapat  membantu meringankan beban masyarakat," jelas Erwin. 


Selanjutnya Jasman selaku Kepala Desa mengatakan sangat bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh adik-adik mahasiswa KMN. “Saya selaku kepala desa begitu bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh adik-adik mahasiswa kepada kami, dan mewakili masyarakat Desa Ahu, saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada tim relawan dan adik-adik mahasiswa,” ucap Kepala Desa Ahu itu.


Lebih lanjut Abdul Aziz selaku Ketua Umum KMN menambahkan, setelah ini aka nada penyaluran bantuan gelombang kedua dari KMN. ”Kedepannya kami dari KMN akan menurunkan tim relawan untuk mendirikan tenda yang dekat pengungsian di daerah-daerah yang tidak mampu terjangkau mobil logistik, agar kami dapat membantu relawan lain untuk mendistribusikan logistik sampai dipengungsian dan pemukiman warga,” tambah Aziz.


Akhirnya Abdul Aziz berharap besar kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kepada kalangan mahasiswa, bahwa sudah seharusnya mahasiswa memiliki peran sentral untuk senantiasa berpartisipasi aktif guna membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah. Mahasiswa memiliki tanggung jawab sebagai Agen of change dalam memajukan serta menjadi solusi dari segala bentuk problematika bangsa Indonesia yang terjadi.


“Kita sebagai rakyat Indonesia, khususnya mahasiswa. harus terus Bersatu, apapun masalah yang terjadi, kita sebagai rakyat indonesia harus terus saling bergandengan tangan, harus terus bersama, dan menyelesaikan masalah bersama-sama. Jangan mau dipecah belah. Salam Peradaban!”(yus)

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment