SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Edukasi Dan Libatkan Masyarakat Dalam Program Kebersihan, Langkah Sekcam Herlang Diapresiasi Tokoh Masyarakat Dan Pemuda - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Edukasi Dan Libatkan Masyarakat Dalam Program Kebersihan, Langkah Sekcam Herlang Diapresiasi Tokoh Masyarakat Dan Pemuda

BULUKUMBA, SULSELLIMA.com - Pemerintah Kecamatan Herlang melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Andi Fidya Syamad terus melakukan upaya dan inovasi dalam mewujudkan program Bulukumba Bersih khususnya di Kecamatan Herlang, salah satunya dengan intens melakukan aksi Jumat bersih dengan melibatkan masyarakat.


Tindakan dan edukasi terkait kebersihan tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk membuat masyarakat semakin mengetahui dan paham tentang  kebersihan lingkungan serta apa yang harus dilakukan dalam mewujudkan kebersihan tersebut.


Program Jumat Bersih yang di inisiasi Sekcam Herlang yang telah masif dilakukan selama beberapa pekan dengan pelibatan seluruh stake holder dan juga warga masyarakat menjadi salah satu contoh penerapan gotong royong dan membangun harmonisasi masyarakat dan pemerintah.


Pelibatan masyarakat dalam program ini sangat penting untuk merawat semangat gotong royong dalam mewujudkan kebersihan lingkungan yang menjadi program berkesinambungan.


Langkah yang dilakukan Sekcam Herlang tersebut pun menuai berbagai komentar dari tokoh masyarakat dan pemuda.


Andi Ikbal, S.Sos., M.Si yang merupakan salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Herlang mengungkapkan pelibatan masyarakat dalam program kebersihan tersebut merupakan langkah tepat yang di lakukan Sekcam Herlang. Menurutnya, dengan melibatkan masyarakat dalam program tersebut akan berefek pada tumbuhnya semangat gotong royong di tengah masyarakat.


"Pelibatan masyarakat sangat penting dalam program kebersihan tersebut karna tentu akan menyebabkan program ini akan berkelanjutan dan berkesinambungan dan juga merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat tentang semangat gotong royong", ungkap Andi Ikbal yang merupakan mantan Kepala Desa Gunturu tersebut, Sabtu (27/3/2021).


Lanjutnya, dengan intens mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam hal mewujudkan program kebersihan secara gotong royong tersebut juga akan memberi efek positif ke masyarakat itu sendiri dan tentu saja ini yang sangat di harapkan pemerintah kabupaten karna kebersihan merupakan salah satu Program Kerja 100 Hari pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.


"Ini juga akan berefek positif kepada masyarakat itu sendiri karna merawat semangat gotong royong di tengah masyarakat dan tentu saja ini yang diharapkan pemerintah Kabupaten agar program kebersihan ini dapat terus dilakukan pemerintah dan masyarakat", tutupnya.


Hal senada juga disampaikan tokoh pemuda Kecamatan Herlang Sappewali, dirinya secara pribadi mengapresiasi langkah yang dilakukan Andi Fidya selaku Sekretaris Kecamatan Herlang khususnya dalam mewujudkan program kebersihan itu sendiri.


"Saya pribadi sangat mengapresiasi langkah Sekcam Herlang terkait program kebersihan yang melibatkan masyarakat karna akan mengedukasi masyarakat itu sendiri bagaimana menjaga kebersihan lingkungan", terang  Sappewali.


Dirinya pun mengungkapkan bahwa mengedukasi masyarakat bergotong royong akan menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mewujudkan hal tersebut serta menjauhkan masyarakat itu sendiri dari budaya malas.


"Saya rasa pelibatan masyarakat tentu akan berefek pada kesadaran masyarakat itu sendiri bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab bersama dan juga menjauhkan masyarakat dari budaya malas", ungkap pria yang akrab disapa black tersebut.


Dirinya melanjutkan, terkait adanya beberapa pihak yang turut melakukan aksi kebersihan dengan melakukan penyemprotan, menurutnya hanya akan berefek kepada mengedukasi masyarakat untuk malas karna masyarakat dengan sendirinya akan berharap bahwa penyemprotan tersebut akan rutin dilakukan.


"Kebersihan itu kan mesti berkelanjutan, jika penyemprotan yang di lakukan saya rasa kurang tepat, selain mengedukasi masyarakat untuk malas karna hanya melibatkan segelintir orang juga akan penyebabkan program kebersihan tersebut akan sulit berkesinambungan akibat banyak faktor yang harus difikirkan salah satunya tentu ketersediaan Disinfektan yang tentu membutuhkan anggaran, apalagi program kebersihan ini rutin dilakukan setiap minggunya", tutup Sappewali yang juga merupakan ketua Perangkat Desa Kabupaten Bulukumba.


Di konfirmasi Via seluler, hal senada juga disampaikan Wakil Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Bulukumba Andi Arfendy Pranata. Menurutnya, Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dam masyarakat. Dengan mengusung konsep gotong royong dalam mewujudkan program tersebut tentu akan membangun semangat dan kesadaran masyarakat itu sendiri.


"Gotong royong dengan pelibatan masyarakat tentu akan menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama. Langkah Sekcam Herlang tentu harus kita apresiasi", tulisnya dalam sebuah pesan singkat.


Dirinya pun melanjutkan bahwa dengan melibatkan masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan tersebut tentu akan berimbas pada berkesinambungannya program itu sendiri karna selain tidak menggunakan aggaran dalam pelaksanaannya juga akan berefek pada semakin eratnya hubungan emosional masyarakat dan pemerintah.


"Saya mengajak seluruh stake holder untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat untuk mewujudkan kebersihan lingkungan salah satunya dengan rutin melakukan aksi bersih bersama masyarakat", tutupnya.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment