SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pemuda Ini Hendak Mengubah Citra Desa, Ini Yang di Lakukan - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Pemuda Ini Hendak Mengubah Citra Desa, Ini Yang di Lakukan

BULUKUMBA, SULSELLIMA.com -  Dalam bukunya Interaksi Desa-Kota dan Permasalahannya (1983) Bintarto, mantan Guru Besar Fakultas Geografi UGM mengemukakan pengertian desa sebagai sebuah perwujudan geografis (wilayah) yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis sosial, ekonomi, politik, dan kultural dalam hubungan dan pengaruh timbal baliknya dengan daerah-daerah lain di sekitarnya.


Adapun berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan NKRI.


Dalam tatanan struktur pemerintah, wilayah kekuasaan desa menjadi wilayah terkecil dan dipimpin oleh seorang kepala desa.


Dari wilayahnya yang kecil inilah sehingga interaksi sosial masyarakat desa jauh lebih intensif sehingga masyarakat antara satu dengan yang lainnya saling mengenal.


Budaya dan adat istiadatpun terlihat masih sangat kental dan terus dilestarikan kepada generasi, termasuk melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat.


Tidak terkecuali di Desa Kindang, salah satu desa di Kabupaten Bulukumba ini masih memegang kuat budaya tersebut.


Hari ini, sabtu (29/05/21) terlihat sekelompok pemuda di desa ini sedang melakukan musyawarah dengan niat melakukan satu kegiatan luar biasa kedepannya, mereka menyebut kegiatan itu adalah gerakan revolusi untuk mengubah citra kampungnya menjadi Kampung Qur'an.


Salahsatu pemuda yang ditemui dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh pemuda-pemudi di desa kindang sebelum memulai kegiatan.


"Diskusi-diskusi kecil seperti ini sering kali kami lakukan sebelum memulai satu kegiatan sebagai bentuk penyatukan ide dan menyamakan persepsi sehingga kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan bisa berjalan dengan baik" terang Adi


Dia melanjutkan "bahwa tugas generasi kedepan jauh lebih berat, karena harus menjaga nama baik desa serta mengangkat citra desa menjadi lebih baik, maka salahsatu yang kami akan lakukan adalah menjadikan desa kami ini menjadi kampung qur'an", tutupnya(ADK)

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment