SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Masjid Terapung 99 Al Makazzary, Tempat Wisata Religi di Kota Makassar - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Masjid Terapung 99 Al Makazzary, Tempat Wisata Religi di Kota Makassar

JAKARTA, sulselima.com- Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia kaya akan bangunan masjid dengan ragam arsitektur menarik dan konsep unik.


Karena hal tersebut, masjid tak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata religi. Tak heran, banyak wisatawan memasukkan masjid sebagai tujuan wisata.

Jika Anda tertarik berkunjung ke masjid untuk wisata religi, mungkin masjid terapung yang berada dimakassar Sulawesi Selatan bisa menjadi tujuan anda berikutnya.

Masjid 99 Al Makazzary, merupakan tempat wisata religi di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dimana, masjid ini terapung di Pantai Losari yang banyak dikunjungi warga sambil bersantai di halaman kemudian menikmati sunset pada sore hari.

Masjid 99 Al Makazzary merupakan masjid terapung pertama di Indonesia yang terletak di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid yang melambangkan Asmaul Husna didirikan dari dana sumbangan dermawan yang mampu menampung 500 jemaah. 

Masjid ini menjadi simbol kebanggaan masyarakat Makassar Sulawesi Selatan yang melambangkan makna keislaman, kebesaran dan kebanggaan ummat muslim.

Asmaul Husna melambangkan angka 99 dan masjid Al Makazzary melambangkan salah seorang imam besar Masjidil Haram Syekh Yusuf. Dengan nama 99 Al Makazzary, masjid dengan biaya Rp 6 miliar bisa didirikan dan dana yang terkumpul hingga kini baru Rp 2 miliar. 

Keunikan Masjid 99 Al Makazzary berlantai 3 berdiameter 45 meter ini terletak di timur laut Pantai Losari yang berhadapan dengan rumah jabatan Wali Kota Makassar di Jl Penghibur, terlihat dari atas membentuk angka 99.

Terdapat dua kubah berdiameter 9 meter yang dibawahnya pengunjung dapat menggunakan tempat bersantai dan beristirahat dengan embusan angin pantai. Masyarakat juga bisa naik ke atas kubah yang melalui dua tangga samping yang mengelilingi masjid. 

Gagasan pembangunan masjid terapung berasal dari Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin pada 2009 lalu.

Bangunan dengan memadukan konsep modern, kontemporer dan islami, Masjid 99 Al Makazzary terlihat indah berdiri di atas permukaan laut.

Saat ini masyarakat banyak berdatangan melihat keindahan masjid sambil menunggu tenggelamnya matahari (sunset) dengan menikmati makanan khas Makassar, Pisang Epek yang ramai dijajakan diseputar pantai, sambil menunggu shalat magrib berjamaah. 

Selain dibangun dengan konsep terapung, keunikan Masjid 99 Al Makazzary terletak pada desain arsitekturnya. Jika dilihat dari udara, masjid akan tampak seperti bentuk angka 99 asmaul husna.( Andi Ross Are )

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment