SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Ilham Azikin Dukung Penyebarluasan Informasi Lewat Radio - SULSELLIMA.COM

Ilham Azikin Dukung Penyebarluasan Informasi Lewat Radio

BANTAENG, sulsellima.com - Organisasi Amatir Radio Indonesia Lokal Kabupaten Bantaeng berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, baru saja menggelar Hari Ulang Tahun Radio Pancar Ulang (RPU) Bonto Tappalang, yang dihadiri langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Selasa (10/8).


RPU hadir sebagai solusi dalam rangka menyikapi terjadinya bencana alam di Kabupaten Bantaeng, guna mendukung kegiatan tanggap darurat sehingga akan mempermudah koordinasi saat terjadi bencana. 

Meskipun tentunya semua orang telah memiliki telepon seluler, namun penggunaan transmisi radio lebih mudah karena keterbatasan jangkauan sinyal telepon seluler. Terkhusus apabila seluruh provider telepon tidak berfungsi saat terjadi bencana besar.

Ketua ORARI Bantaeng, Armawansyah menyampaikan bahwa hadirnya RPU ini dirakit khusus oleh teman-teman radio amatir Bantaeng. 

Dengan menggunakan HT untuk melakukan koordinasi dalam penggunaan Radio Pancar Ulang ini. 

Bantaeng juga semakin diuntungkan dengan adanya daerah pegunungan sehingga menjadi provokasi untuk di pancang di atas gunung kemudian dipancar ulangkan kepada pengguna radio. 

“RPU ini memiliki jangkauan yang cukup luas, bahkan bisa sampai ke Kendari. Dengan cakupan diharapkan agar setiap kejadian dapat dilaporkan dengan cepat sehingga waktu penanganan dapat lebih cepat," kata Armawansyah.

Sementara itu Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dia mengatakan, Pemerintah Daerah tentunya akan terus memberikan support terhadap kegiatan-kegiatan keamatiran di Kabupaten Bantaeng apalagi dengan hadirnya RPU ini, masyarakat bisa mengetahui dengan cepat jika terjadi bencana.

 "Insya Allah dampak dari bencana dapat diminimalisir sekecil mungkin. Saya siap menjadi amatir radio lokal Kabupaten Bantaeng," ujar Bupati peraih penghargaan tokoh peduli pers dan keterbukaan informasi dari PWI Sulsel itu.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota DPRD Bantaeng, Misbahuddin Basri, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Bantaeng, Subhan serta Kepala Desa Labbo. (*)

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com