SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pengurus KKSS Kabupaten Mimika Silahturahmi Dengan Wabup Selayar, Ini Yang Dibahas - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Pengurus KKSS Kabupaten Mimika Silahturahmi Dengan Wabup Selayar, Ini Yang Dibahas


SELAYAR,sulsellima.com -Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Provinsi Papua melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Selayar. 3 orang perwakilan KKSS diterima langsung Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., diruang kerjanya, pada Senin (3/1/2021) Kemarin


Ketiganya yakni Wakil Ketua VII KKSS Bidang Ekonomi Baharuddin Dg. Sitaba, Sekjen Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) Kabupaten Mimika Nasrum Anwar, dan Pilar Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Kabupaten Mimika Abdul Hamid, yang juga merupakan putra asal Pulau Bonerate.

Dihadapan Wabup Saiful Arif, Wakil Ketua VII KKSS Kabupaten Mimika Baharuddin Dg. Sitaba, mengutarakan maksud kedatangannya, yakni untuk menyerahkan secara langsung bantuan untuk korban terdampak gempa di Kepulauan Selayar.

"Mewakili Ketua dan pengurus KKSS, Pilar se-24 Kabupaten di Mimika, serta 4 Badan Otonom dan 2 Komunitas KKSS Kabupaten Mimika, kami mengucapkan turut berbelasungkawa atas bencana gempa bumi yang terjadi di Kepulauan Selayar," ucap Baharuddin Dg. Sitaba. 

Lanjut, Baharuddin mengatakan bahwa setelah mendapat informasi adanya bencana gempa di Kepulauan Selayar, masyarakat Sulsel di Timika langsung melakukan aksi spontanitas melakukan penggalangan dana. 

"Dana yang terkumpul sekitar 60 juta, merupakan donasi dari pengurus KKSS dan masyarakat di Kabupaten Mimika," lanjutnya. 

Untuk itu, Wakil Ketua KKSS Bidang Ekonomi ini menyebut bantuan yang mereka akan salurkan adalah bantuan dalam bentuk uang tunai. Bantuan tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kondisi dilapangan. 

"Yang pasti bahwa bantuan yang kami bawa ini tidak cukup untuk mengcover semua masyarakat terdampak gempa, sehingga yang menjadi sasaran utama kita adalah warga yang betul-betul terdampak gempa, misalnya warga yang kondisi rumahnya paling parah atau roboh akibat gempa yang terjadi," jelas Baharuddin Dg. Sitaba. 

Kendati demikian, Bahar Dg. Sitaba mengatakan bahwa mereka tetap membutuhkan arahan dan masukan dari Pemda Kepulauan Selayar maupun pemerintah wilayah setempat yang akan mereka datangi. Dalam waktu dekat, kata Dg. Sitaba, jika sudah ada kapal, mereka akan mengunjungi Pulau Bonerate.

Wakil Ketua VII KKSS Kabupaten Mimika ini juga menyampaikan permohonan maaf, karena Ia menganggap kedatangan mereka di Kepulauan Selayar agak terlambat. 

"Sebelum ke Selayar kami terlebih dahulu menyalurkan langsung bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru. Selanjutnya kami ke Kabupaten Soppeng dengan agenda yang sama, yakni menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir banjir bandang," ungkap Bahar Dg. Sitaba. 

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., menyampaikan salam hormat dan  ungkapan terima kasih kepada masyarakat Sulsel  yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Provinsi Papua. 

"Sekalipun Ketua KKSS Kabupaten Mimika tidak bisa hadir secara fisik, tetapi dengan perwakilan yang datang ini sudah cukup. Sehingga apa yang dirasakan oleh keluarga kita dilokasi terdampak gempa itu bisa menjadi lebih ringan," ucap Saiful Arif. 

Lanjut, yang kami fikirkan sekarang ini, kata Saiful Arif, bukan sekedar fisiknya tetapi mental warga pasca terjadinya gempa. Karena ada 10 orang yang teridentifikasi yang mengalami trauma berat.

Wabup Saiful Arif juga berharap agar pengurus KKSS yang akan berkunjung kelokasi terdampak gempa, tidak hanya memberikan bantuan fisik materialnya, akan tetapi juga memberikan motivasi kepada warga dan keluarganya yang terdampak gempa, sehingga trauma yang dialami bisa sedikit berkurang. 

Terakhir, Wabup Saiful Arif menyampaikan apapun bentuk bantuannya, tetap dikomunikasikan, koordinasikan, paling tidak ada administrasi yang berjalan disini. Selanjutnya setelah tiba di Pulau Bonerate, silahkan berkoordinasi dengan Camat, Danramil dan Kapolsek Kecamatan Pasimarannu. 

Dalam pertemuan ini, juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kepulauan Selayar, Andi Bahar Arsyad. (Tim).

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Posting Komentar