SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Wabup Edy Manaf Pimpin Apel HUT Tagana ke 18 Tahun - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

Wabup Edy Manaf Pimpin Apel HUT Tagana ke 18 Tahun

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM -  Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Sosial menggelar Apel dalam rangka memperingati Hari Jadi Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang ke 18 tahun di halaman Kantor Dinas Sosial Bulukumba, Kamis 24 Maret 2022.


Dengan mengenakan uniform Tagana, Wakil Bupati Andi Edy Manaf didaulat menjadi pemimpin Apel Peringatan Hari Jadi Tagana yang jatuh setiap tanggal 24 Maret. Hari Jadi Tagana Tahun 2022 ini mengambil tema, yaitu “Sinergi Bersama Multipihak, Tagana Perkuat Mitigasi Bencana”

Dalam sambutannya Edy Manaf menyebutkan, saat ini kita masih terus berjibaku menanggulangi bencana non alam pandemi Covid-19, namun kita tidak boleh lengah dengan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat menimpa wilayah Kabupaten Bulukumba.

Meski Bulukumba saat ini masih aman terkendali, namun Wabup Edy Manaf tetap meminta semua pihak untuk terus waspada dan siaga terhadap kejadian bencana yang setiap saat bisa terjadi.

Menurutnya di sinilah peran Tagana sebagai relawan sosial atau tenaga kesejahteraan sosial dalam memberikan penyadaran terkait mitigasi bencana, serta memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

“Tentu Apel Peringatan Hari Tagana ini menjadi momentum yang baik untuk merefleksikan kembali peran-peran Tagana selama ini, termasuk menjadi bagian dari Tim Pengendali Banjir Bulukumba sehingga satu tahun terakhir ini Kota Bulukumba terbebas dari Banjir,” ungkap Edy Manaf.

Mantan legislator Provinsi ini pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan Tagana yang memiliki dedikasi membantu dalam penanggulangan banjir maupun bencana alam lainnya di Kabupaten Bulukumba.

“Menjadi petugas bencana yang dilandasi dengan  jiwa kesukarelawanan merupakan pekerjaan yang sangat mulia di sisi tuhan dan di mata manusia,” imbuhnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kabid Jaminan dan Perlindungan Sosial, Irwan Ras menyampaikan jumlah Tagana Bulukumba sebanyak 178 orang. Dari jumlah ini ada 101 orang yang dibiayai oleh APBN sedangkan sisanya 77 orang didanai oleh APBD.

"Keberadaan Tagana diharapkan semakin memudahkan dan memperlancar kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat," pintanya.

Turut hadir dalam Apel Hari Jadi Tagana tersebut, anggota DPRD Muh. Bakti dari fraksi Gerindra.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com