SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Kodim 1415/Selayar Bantu Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 M - SULSELLIMA.COM

Kodim 1415/Selayar Bantu Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 M

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Personil Kodim 1415/Selayar mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat " Ketupat 2024" dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 M, bertempat di aula Mapolres Selayar Jalan R.W. Monginsidi nomor 2, Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Rabu (03/04/2024).


Komandan Kodim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo pada Apel tersebut membawa 1 Satuan Setingkat Regu (SSR) anggotanya, bersanding dengan 3 SSR Polres Kepulauan Selayar, 1 SSR Satpol PP dan Damkar serta 1 SSR Dishub Kepulauan Selayar pada gelar pasukan.

Dalam sambutannya, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH, SIK, MM, MIK yang bertindak sebagai pimpinan Apel kemudian membacakan sambutan seragam dari Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M,Si.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunia Nya, hari ini kita masih diberikan kesehatan, dan kekuatan untuk melaksanakan “Apel gelar pasukan operasi ketupat 2024” secara serentak di seluruh indonesia.

Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI- POLRI dengan Stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idhul Fitri 1445 H, yang isinya sebagai berikut :

Peserta apel gelar pasukan, hadirin dan tamu undangan yang saya hormati, berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 % dibandingkan tahun 2023 berkaitan hal tersebut “mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikan 56 persen dibanding tahun lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Oleh sebab itu saya menghimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal”.

Untuk menjawab tantangan ini TNI-POLRI bersama Stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 Personel selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 april 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret sampai dengan 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai dengan 23 April 2024.

Dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 Pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur- jalur rawan seperti kemacetan.

Peserta apel gelar pasukan, hadirin dan tamu undangan yang berbahagia, Sebelum mengakhiri amanat ini tentunya saya ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-POLRI, Kementerian terkait BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol  PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan mitra Kamtibmas lainya yang telah berpartisipasi dalam mendukung operasi ketupat 2024. Sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya Idul Fitri tahun lalu. Tutup sambutan seragam dari Kapolri.

Pada akhir gelar pasukan, Dandim 1415/Selayar menyatakan bahwa prajuritnya selalu siap siaga membantu dan mendukung Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 M agar berjalan sukses.

Pada tamu hadirin, duduk berdampingan dengan Dandim 1415/Selayar bersama dengan H. Saiful Arif, S.H Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Kompol Abd. Rahman Wakapolres Selayar, Muhammad Arsyad, SKM, M.Kes, MSc.PH Kadis PTSP, Ir. Patresia Imelda M.m Kabid Perhubungan, Daswar Laode Kanit TRC Satpol PP dan Para PJU Polres Selayar.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com