Belum Ada Pemenang, Pilkades Desa Caramming di Serahkan Ke dinas PMD Bulukumba

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Belum Ada Pemenang, Pilkades Desa Caramming di Serahkan Ke dinas PMD Bulukumba

SULSEL LIMA
Saturday, 7 March 2020
sulsellima.com Bulukumba - Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak berlangsung Kamis (5/3/2020) kemarin.

Sejumlah nama baru muncul sebagai pengganti akan gugurnya inkamben. Namun lain hal yang terjadi di Desa Caramming Kecamatan Bontotiro Di daerah ini, belum bisa dipastikan siapa yang menjadi pemenang.  Pasalnya di daerah ini ada dua calon yang mandapatkan perolehan suara seri.
Desa caramming dengan jumlah DPT 1.644, wajib pilih pada Pilkades desa caramming yang diikuti lima Cakades dengan nama sesuai nomor urut yakni 1. Andi Kamaruddin dengan perolehan 71 Suara, 2. Andi Jamriwali,Amd.Kep 292 suara, 3. And.Hamid,S.Ag 292, 4. Drs.Jasman 10 suara, dan 4. Mudassir,S.Pd 280 Suara.

Pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 wita kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 14.00 wita hingga pukul 18:00 wita. Dari hasil pungutan suara tertinggi ternyata mendapatkan perolehan suara seri (sama) antara Cakades nomor urut 2 dan 3 dengan jumlah suara masing-masing 292

Perolehan suara yang seri ini sontak membuat warga kaget dan meminta panitia menghitung jumlah surat suara terpakai. Dimana Pencatatan Manual masing-masing team Cakades berbeda dengan hasil Akhir. Hasil perhitungan kembali dilakukan, ditemukan selisih 3 lebih banyak dari perolehan suara keseluruhan calon.

Andi Jamriwali, cakades nomor dua menyampaikan bahwa  jumlah hasil suara keseluruhan calon yaitu 958 sementara jumlah surat suara terpakai 961 dan surat suara yang dinyatakan batal atau rusak sebanyak 13 surat suara. Jadi total surat suara terpakai dan tidak terpakai sebanyak 974. Atas selisi tersebut, saya mendesak panitia untuk memberikan penjelasan dan pihak PMD untuk mengambil tindakan secepatanya.

"saya berharap dinas yang terkait dalam hal ini dinas PMD segerah mengambil tindakan cepat terkaid aduan kami yang kami sudah masukkan dan inysa allah kami akan ke kantor PMD hari senin dan akan membawa massa ( aksi damai ),"ungkap Andi Jamriwali,

Ketua panitia Pilkades Desa Caramming, Mursalim memanggil semua saksi dan panitia duduk bersama membahas masalah ini namun tidak membuahkan hasil. Ketua panitia memberikan keputusan melimpahkan masalah ini ke dinas PMD.

“Saya tidak bisa menyelesaikan masalah ini di sini, dan saya limpahkan ke kabupaten dalam hal ini Dinas PMD,” ujar Mursalim.

Sementara Salah satu anggota Panitia PPKD Caramming, M. Nasir, S.Pd mengatakan bahwa sebenarnya tidak seri dalam perhitungan tersebut cuma salah pencatatan saja.

"Dimana Waktu posisi seri suara nomor urut 2 (290) dan nomor urut 3 (290) , sisa 4 surat suara. Diantara 4 suara itu masing-masing diperoleh nomor urut 5 satu(1) suara, nomor urut 3 satu (1) suara, sementara nomor urut 2 mendapatkan 2 (dua) suara." Jelas Nasir saat ditemui di salah satu warkop dikabupaten Bulukumba. Sabtu (7/3/2020).

hal kejadian tersebut dibenarkan dari pihak panitia yang lain, irmawati bahkan memperlihatkan video pada saat perhitungan berlangsung. Ini bukti saya pak, coba kita lihat videonya.

"Saya heran pak, selesai perhitungan langsung diumumkan bahwa nomor urut 2 dan 3 perolehan suaranya Seri yakni 292 suara. Padahal sudah jelas sekali Nomor urut 2 dengan perolehan Suara sebanyak 292 suara, sementara nomor urut 3 perolehan suaranya 291 suara."tutup Irmawati.(Aril)