SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Hasil Swab Keluar, Pasien Positif Corona Bulukumba Bertambah 1 dari Klaster Temboro Jumlah Positif 6 Orang - SULSELLIMA.COM

Hasil Swab Keluar, Pasien Positif Corona Bulukumba Bertambah 1 dari Klaster Temboro Jumlah Positif 6 Orang

sulsellima.com Bulukumba - Pasien positif Covid-19 Kabupaten Bulukumba bertambah 1 lagi. Sehari sebelumnya diumumkan tambahan 2 pasien positif 004 dan 005. Ditetapkannya pasien 006 asal Kecamatan Kindang ini setelah hasil tes Swabnya keluar pada Sabtu 2 Mei 2020.

Pasien Positif 006 merupakan klaster Temboro atau dari pesantren Al Fatah Magetang Jawa Timur. Pasien 006 bersama rombongan santri lainnya tiba di Sulawesi Selatan pada tanggal 18 April yang lalu.  Lalu Tim Surveilans Bulukumba melakukan tracing terhadap para santri yang pulang dari Temboro, dan pada tanggal 26 April 2020 pasien 006 diambil spesimen Swabnya bersama beberapa rekannya.

“Dengan bertambahnya pasien positif Bulukumba, kita harapkan masyarakat semakin waspada terhadap penularan virus Covid-19 ini dengan tetap konsisten menerapkan sosial distance. Tetap tinggal di rumah dan menjaga pola hidup sehat,” ungkap Juuru Bicar Covid-19 HM Daud Kahal.

Ditambahkannya, Tim Gugus segera akan melakukan langkah –langkah antisipasi, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi kediaman pasien 006. Rencananya pasien 006 akan dirawat di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja bersama dengan pasien 004 dan 005.

Pasien 002 Sudah Dinyatakan Sembuh
Dibalik kabar bertambahnya kasus positif Bulukumba, namun ada kabar baik dari pasien 002 yang dirawat di RS dr Wahidin Sudiro Husodo Makassar. Pasien 002 yang merupakan jamaah tabligh ini telah menjalani 3 kali tes Swab. Swab pertama ketika masih di Bulukumba dinyatakan positif, namun setelah dirawat di rumah sakit dia dinyatakan sembuh setelah hasil tes Swab kedua dan ketiganya negatif.

“Ketika dua kali Swabnya berturut-turut hasilnya negatif, maka pasien tersebut dinyatakan sembuh dari Covid-19,” imbuh Daud Kahal.

Untuk diketahui data pantauan Covid-19 Bulukumba per 2 Mei 2020 adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 200 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 28 orang. Adapun pasien Positif sebanyak 6 orang dengan keterangan 2 sembuh, 4 dirawat. (Sakril)   

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com