Ini Bentuk Komitmen Kepemimpinan ST15 Di Dunia Pendidikan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ini Bentuk Komitmen Kepemimpinan ST15 Di Dunia Pendidikan

SULSEL LIMA
Saturday, 24 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Memasuki tahun terakhir kempimpinan AM Sukri A Sappewali-Tomy Satria Yulianto selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba periode 2016-2021,Program pendidikan menjadi salah satu prioritas kerja pasangan ST15 ini.

Itu terbukti melalui program pengadaan komputer dan laptop untuk seluruh sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Bulukumba yang hingga saat ini telah merasakan manfaat dari pengadaan komputer dan laptop tersebut dalam menunjang mutu pendidikan dan proses belajar mengajar.


Setidaknya, Dalam kurung waktu 2017 hingga 2020, melalui Dinas Pendidikan, AM Sukri bersama Tomy Satria, telah menunjukkan komitmennya dalam hal peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia disekolah-sekolah. Salah satunya dengan menghadirkan komputer dan laptop sebanyak 2.274 unit.


"Alhamdulillah melalui Dinas Pendidikan, kita telah menyalurkan ribuan unit komputer dan laptop kesekolah SD maupun SMP, tentu ini semua tak terlepas dari support penuh Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba,"ujar Kepala Dinas Pendidikan, Ahmad Januaris.


Ia merinci, untuk tahun 2017-2019 misalnya, ada 34 Sekolah Menangah Pertama (SMP) yang menerima komputer maupun laptop dimana untuk setiap sekolahnya menerima 21 unit dengan total 714 unit , sedang ditahun 2020, dilanjutkan dengan pengadaan untuk 36 Sekolah tingkat SMP, dimana setiap sekolahnya menerima 15 unit dengan total keseluruhan ditahun 2020 540 unit.



"Alhamdulillah untuk tingkat SMP itu kan jumlahnya 70 sekolah dan semuanya telah menerima. Khusus untuk Sekolah Dasar (SD) sebanyak 349 dimana tinggal 9 sekolah yang belum menerima, 2021 kita usahakan telah selesai semua, untuk SD itu totalnya 1.020 unit. Jadi total keseluruhan yakni 2.274 unit. Seluruh sekolah yang dibawahi Dinas Pendidikan Bulukumba, itu sebanyak 419 sekolah, terdiri dari 70 SMP dan 349 SD,"bebernya.


Lanjut Ahmad Januaris, untuk bidang pendidikan diakui telah banyak dilakukan, selain pengadaan komputer keseluruh sekolah, juga peningkatan sarana dan prasarana, misalnya Revitalisasi SKB Bulukumba sebagai sebagai Pusat kegiatan pengembangan Kapasitas dan kompetensi dimana telah dilaksanakan dengan beberapa tahap.


"Yaitu Tahap I 2017 Renovasi Tempat nginap peserta, Tahap II 2018 Pembangunan Ruang Praktek dan Tahap III tahun 2020 pembangunan Beberapa Fasilitas untuk menunjang kegiatan Belajar dan pertemuan dan Insya Allah Tahun 2021 Penyelesaian UPT SKB sebagai Pusat pengembangan kompetensi guru-guru dan pelatihan keterampilan kelompok Masyarakat PKBM,"bebernya lagi.


Sedang ditahun 2019 juga diprogramkan pemberian beasiswa berprestasi dengan mengutamakan siswa kurang mampu sebanyak 130 orang sebesar 3 juta/orang maksimal empat tahun.


"Namun untuk lanjutan tahun 2020 sementara dihentikan karena anggarannya direlokasikan untuk penanggulangan covid-19 dan Insya Allah akan dilanjutkan di Tahun 2021,"ujarnya.


Tidak hanya itu, untuk Program Sarana Prasarana Pendidikan Dasar Bulukumba mendapatkan Porsi Anggaran yang setiap tahunnya meningkat atau mengalami Kenaikan dengan Sumber Dana Dari DAU, DAK, DID.


"Pada pokoknya upaya Pemerintahan AM Sukri-Tomy Selaku Bupati dan Wakil Bupati, untuk sektor pendidikan sesuai Visi dan Misi alhamdulillah terlaksana dengan baik dengan berbagai banyak program,"ujarnya.(*).