Tahun 2021 Kemenhub Gelontotkan Anggaran 52 Miliar di Pelabuhan Lembang Keke Kajang

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tahun 2021 Kemenhub Gelontotkan Anggaran 52 Miliar di Pelabuhan Lembang Keke Kajang

SULSEL LIMA
Monday, 26 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Dipenghujung tahun 2020, Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba memberi persembahan indah terhadap masyarakat, terutama yang Bermukim di daerah pesisir Kota Bulukumba. 


Pelabuhan Leppe'e yang terletak di Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu, akan dilakukan pengembangan fasilitas demi menunjang pendapatan masyarakat disektor kelautan dan perikanan. 


Hal itu ditandai dengan penandatanganan penyerahan aset daerah dengan menghibahkan Barang Milik Daerah berupa tanah seluas 10.602 M2 kepada Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Lau Kementerian Perhubungan. 


Penyerahan hibah itu sendiri ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dengan Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Andi Hartono di Kantor Kemenhub RI Jakarta, Senin, (26/10/2020).


Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut, Andi Hartono menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba atas dilaksanakannya perjanjian hibah barang milik daerah tersebut. Dengan beralihnya aset Pemda Bulukumba berupa tanah lokasi pelabuhan ke Ditjen Perhubla, kata Hartono semakin memudahkan pihaknya untuk mengembangkan Pelabuhan Leppe'e.


"Penyerahan aset ini tentu menjadi awal yang baik, dan kami berharap sinergitas Pemkab Bulukumba beserta Kemenhub lebih ditingkatkan ke depan," ujar Hartono.


Tak hanya Pelabuhan Leppe' Kemenhub, juga telah menyetujui anggaran bantuan pembangunan Pelabuhan Lembang Keke di Kecamatan Kajang sekitar Rp52 milyar pada tahun 2021 mendatang.


Bupati AM Sukri Sappewali mengatakan bahwa untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya daerah wilayah selatan Sulawesi, maka harus ditunjang oleh sektor perhubungan melalui pembangunan berbagai infrastruktur perhubungan darat, laut dan udara, seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara.


Hadirnya berbagai sarana perhubungan ini menjadi jawaban atas kendala atas minimnya  transportasi dalam menunjang aktifitas ekonomi masyarakat.


"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah memberikan bantuan pembangunan Pelabuhan Kajang,"  ungkapnya.(*)