SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Kepala Bappenas Hadiri Launching ETLE Nasional Presisi - SULSELLIMA.COM

Kepala Bappenas Hadiri Launching ETLE Nasional Presisi

 


JAKARTA, SULSELLIMA.com - Kepala Bappenas menghadiri launching “ETLE Nasional Presisi” yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Maret 2021. Selain diadakan secara fisik, acara ini disiarkan secara _virtual_ di seluruh Polda se-Indonesia, panitia terlihat memutarkan video ETLE Nasional sebelum acara peresmian dimulai.

ETLE merupakan kepanjangan dari _Electronic Traffic Law Enforcement_, Sementara itu Presisi adalah konsep kepolisian masa depan yang digagas oleh Kapolri Komjen Listyo Sigit. Presisi yaitu prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan.

Senada dengan itu kepala Bappenas dalam Rapim bersama Polri pernah menyampaikan “Di era 4.0, pelayanan Kepolisian perlu memanfaatkan _big data_ dan _internet of things_ melalui digitalisasi layanan”. 

ETLE memiliki 3 tujuan. Pertama sebagai upaya menuju _road safety_. Alat ini dapat merekam _Traffic Attitude Record_ (TAR), meningkatkan ketertiban untuk mengurangi potensi fatalitas kecelakaan, dan membangun kebudayaan yang menunjang keselamatan semua pihak di lalu lintas.

Kedua sebagai upaya anti korupsi, karena dapat menunjang penindakan dan penyelesaian pelanggaran lalu lintas secara _online_ dan _realtime_ di mana semua transaksi akan tercatat dan memiliki jejak digital.

Ketiga, reformasi birokrasi yang menuntut standar kinerja baru dengan hadirnya teknologi informasi.

(**/Redaksi 1)


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com