SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang "Pokoke Acaranya Keren Dan Luar Biasa", BKM Bersatu Desa Manyampa, Laksanakan RWT dan RAT Tahun 2021 - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

"Pokoke Acaranya Keren Dan Luar Biasa", BKM Bersatu Desa Manyampa, Laksanakan RWT dan RAT Tahun 2021

BULUKUMBA, SULSELLIMA.com - Kegiatan Rembug Warga Tahunan adalah program tahunan yang dilaksanakan oleh BKM BERSATU Manyampa sebagai bentuk transparasi ke publik. 

Dimana di Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba,Rabu (24/3/2021) menjadi salah satu percontoan oleh BKM lain dalam pengeloaan Manejemen Keuangan Dana bergulir pada RWT dan RAT BKM dikantor Desa Manyampa dibuka oleh  Camat Ujungloe Hj.Husniar 

Dalam sambutannya ia menyatakan, program BKM Bersatu Manyampa dapat diberi apresiasi yang positif karena dapat menjalankan kegiatan kelembagaan dengan professional dan tranparansi.

Bukan itu saja, Hj.Husniar menyampaikan program 100 hari kerja Bupati Bulukumba terhadap penanganan banjir, sekiranya masyarakat dan BKM serta Pemerintah Desa ikut bersama menjalankan program pemerintah kabupaten Bulukumba.

Disisi lain Korkot Wilayah 4, Nurlia Ruma mengungkapkan, bahwa BKM Manyampa Bersatu Desa Manyampa Kabupaten Bulukumba selalu kami dukung agar sekiranya lembaga ini terus berjalan di Desa Manyampa yang  mendapat intervensi P2KP Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaaan dan Paket Penanggulangan Kemiskinan Terpadu.

Pada perjalanan kelembagaan yang mengelolah kegiatan air bersih dan beberapa usaha ekonomi yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat yang menggunakan dana bergulir BKM cukup berkembang, salah satu usaha yang tembus menjadi usaha best practice kabupaten Bulukumba adalah usaha gula merah, dll.

Di tempat yang sama A. M. Ikbal, BKM Bulukumba mempertegaskan, mempertegas  Kelembagaan BKM harus solid menjalankan siklus kelembagaan dilihat dari sisi Tinjauan Partisipatif, RWT dan Pemilu. Melihat suasana antusias masyarakat, Pengurus BKM dan Pemerintah kelurahan/desa sampai kecamatan, tentu menjadi motivasi tersendiri sebagai proses belajar di beberapa tempat.

"Kegiatan ini betul betul menjadi motor pengerak ekonomi kerakyatan dalam sambutan Kepala Desa Manyampa, Abbas Maeda.

Abbas Maeda, ia juga pernah menjadi bagian dari BKM Bersatu Manyampa sebagai kordinator BKM terbentuk Tahun 2004 dan saat ini menjadi Kades yang terpilih Tahun 2012 sampai sekarang.

Laporan keuangan lengkap, Inventaris, Harta tetap. Modal Awal Dana Bergulir Rp. 100.250.000. Perputarannya sekarang RP. 758.850.000 dengan Laba BKM Rp. 153.401.050 dengan jumlah KSM yang dilayani 120 KSM dengan anggota Peminjam 800 orang agenda lain. 

Adapun Pemberian Hadiah

1. Hadiah Peminjam lunas

2. Doorprize Perserta RWT dan RAT

"POKOKE ACARANYA KEREN DAN LUAR BIASA" banyak yang harus belajar ke Manyampa,"tutup A. M. Ikbal, BKM Bulukumba


Report : Sakril/Muh.Yunus

Editor : Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment