-->

Waspada! Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara Berstatus Siaga 2



JAKARTA, SULSELLIMA.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta menyebut status Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara siaga 2 pada Senin (22/3/2021) pukul 02.00 WIB. Peningkatan status itu terjadi setelah ada kenaikan Tinggi Muka Air (TMA). 


Berdasarkan info kronologi yang dirilis BPBD DKI Jakarta, pada pukul 00.00 WIB. Tinggi Muka Air (TMA) Pintu Air Pasar Ikan berada di level 185 cm. Cuaca di lokasi terang dan statusnya Waspada/Siaga 3.


Lalu pada pukul 01.00 WIB, terjadi kenaikan TMA menjadi 188 cm dengan cuaca terang dan statusnya sama waspada/siaga 3. Kemudian pada pukul 02.00 WIB, terjadi kenaikan TMA yang cukup drastis menjadi 205 cm dengan cuaca terang dan statusnya naik menjadi Siaga/Siaga 2.


BPBD DKI Jakarta mengimbau bagi warga daerah sekitar pintu air Pasar Ikan untuk mengantisipasi kemungkinan terdampak banjir. Daerah tersebut antara lain, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.


Upaya yang sudah dilakukan BPBD DKI Jakarta yaitu, penyebaran informasi melalui media sosial. Dan Pemberitahuan kepada Lurah dan Camat," dikutip dari Twitter BPBD DKI Jakarta, Senin (22/3/2021) dini hari. 


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di sembilan wilayah untuk mewaspadai potensi banjir imbas kenaikan tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, senin (22/3/2021) dini hari, lewat akun Twitter-nya. 


Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK), PSTA-LAPAN sebelumnya memperkirakan akan terjadi hujan ekstrim di kawasan Jakarta pada Maret 2021, dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang hingga Karawang.


Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelan itu intensitas akan berkurang terhadap waktu namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya.


Report : Andi Ross

Editor : Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a comment