SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pasar Malam Menggerakan Perekonomian Masyarakat Bulukumpa dan Sekitarnya - SULSELLIMA.COM

Pasar Malam Menggerakan Perekonomian Masyarakat Bulukumpa dan Sekitarnya

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Pasar malam adalah salah satu tren paling menarik dalam sistem pangan di Indonesia. Mungkin saja tradisi ini yang masih ada dilestarikan sampai sekarang. Pasar malam sebagai alternatif bagi pedagang kecil untuk menjual barang-barang mereka di malam hari.


Lahirlah pedagang dadakan atau musiman. Pedagang dadakan ini menemukan pelanggan di malam hari. Ada sebagian yang meneruskan dagangannya ataupun hanya berjualan jika ada peluang seperti pasar malam.

Potensi pasar malam sebagai peluang bisnis baru bagi pedagang didaerah sekitar (lokal) sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini dapat membantu mendorong para pedagang lokal untuk digunakan sebagai platform menjadi sukses dalam usaha UMKM.

Selain itu pasar malam juga dapat menciptakan peluang untuk mengembangkan bisnis pedagang lokal ke tingkat yang lebih tinggi. Demikian sejalan dengan ungkapan Aril bahwa pasar malam telah ada cukup lama untuk berbaur dengan aktivitas komunitas, popular karena ragam makanannya, mudah diakses dan menawarkan harga yang terjangkau.

Sedangkan menurut salah satu pengelola UMKM  di pasar malam tersebut mengaku mengalami peningkatan pendapatan semenjak hadirnya pasar malam di Kelurahan Jawi-jawi kecamatan Bulukumpa.

Sejak bermula Indonesia termasuk negara terindikasi covid 19, maka pergerakan aktivitas dibatasi. Termasuk diselenggarakannya hiburan rakyat yakni pasar malam.

Pandemic covid 19 membuat berhentinya aktifitas pasar malam dan tentunya perekonomian dari pesta rakyat ini. Pasar malam selalu di nanti kehadirannya untuk mewarnai kejenuhan rutinitas yang biasanya terjadi didaerah.

Di Sulawesi Selatan khusunya di Kabupaten Bulukumba sendiri hiburan dimasa pandemik covid 19 jarang bahkan tidak ada sama sekali. Namun setelah Indonesia di dalam peralihan pandemi ke endemik covid 19. Sehingga antusiasme pengunjung yang datang tidak terbendung lagi.

Pengunjung di minggu pertama dilansir sekitar 500 orang lebih. Arena permainan yang ada di pasar malam antara lain Tran Polling, Kuda Lumping, Mancing Ikan dan lomba mewarnai, berbagai kuliner dan stand pakaian murah. Hal ini juga memantik masyarakat untuk datang ataupun bergerak menjadi pedagang. Nampak terlihat banyak pedagang dadakan. Yang hadir lantaran ikut memeriahkan pasar malam yang dilaksanakan mulai tanggal 05 Januari 2023.

Lokasi pasar malam yang strategis di pusat kota Kecamatan Bulukumpa yang tepatnya di lapanga pemuda Kelurahan Jawi-Jawi.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com