SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bupati dan Wabup Bulukumba Kompak Hadiri Peresmian Rumah Produksi Sambel Mama Aji - SULSELLIMA.COM

Bupati dan Wabup Bulukumba Kompak Hadiri Peresmian Rumah Produksi Sambel Mama Aji

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Andi Edy Manaf menghadiri pembukaan Rumah Produksi Sambel Mama Aji di Borongloe, Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Bulukumba H. Rijal, beberapa anggota DPRD, serta Camat Gantarang Muh. Yusri.


Kepala Desa Benteng Gantarang, Asbar, mewakili keluarga pemilik Sambel Mama Aji, menyampaikan kebanggaannya atas kehadiran penuh pimpinan pemerintah kabupaten dalam acara ini. 

“Ini kehadiran bupati dan wakil bupati adalah paket lengkap, ditambah dengan kehadiran Ketua DPRD bersama anggota DPRD,” ujarnya.

Meskipun diguyur hujan, acara tersebut tetap berlangsung meriah dengan antusiasme tinggi dari para undangan. Sambel Mama Aji yang baru dirintis pada bulan Ramadan lalu, kini telah menunjukkan perkembangan pesat. 

Asbar menambahkan bahwa perizinan untuk UMKM ini, mulai dari PIRT hingga izin halal dari Balai POM, diperoleh dengan cepat berkat respons cepat dari pemerintah daerah dan dinas terkait.

Asbar juga menyoroti peran penting Eril Cikas, pemuda di balik kesuksesan Sambel Mama Aji. "Eril Cikas adalah sosok pemuda yang patut dibanggakan karena mampu menciptakan lapangan kerja," katanya.

Nama Cikas merupakan akronim dari nama kedua orang tuanya, Citta dan Kasmiati. Dalam kesempatan tersebut, Asbar mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah.

Ketua DPRD H. Rijal memuji semangat wirausaha Eril Cikas yang telah merintis berbagai usaha sejak usia muda, mulai dari warung kopi hingga produk Sambel Mama Aji. 

"Eril ini memulai dari usaha warkop, gorengan, skin care, hingga akhirnya membuat produk Sambel Mama Aji ini," ungkapnya.

Bupati Bulukumba Andi Utta mengapresiasi Sambel Mama Aji yang mulai dikenal di luar daerah. Dirinya berharap bahan baku sambel ini berasal dari Bulukumba, sehingga usaha UMKM ini juga mendukung sektor pertanian lokal. 

"Ini konsep petik olah jual, bukan lagi petik lalu jual," ujarnya.

Hadirnya rumah produksi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi Sambel Mama Aji sehingga memenuhi syarat kualitas dan kuantitas untuk ekspor. Andi Utta menegaskan pentingnya kontinuitas dalam pengiriman untuk memastikan ekspor yang berkelanjutan.

UMKM Sambel Mama Aji tidak hanya berhasil mengelola sumber daya alam tetapi juga memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja lokal. Hj. Muli, distributor asal Makassar, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian Sambel Mama Aji. 

"Awalnya hanya sekitar puluhan yang laku, sekarang mencapai 3 ribuan hanya di kota Makassar," puji Hj. Muli.

Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Andi Utta, didampingi Wakil Bupati Andi Edy Manaf dan Ketua DPRD H. Rijal. Saat ini, Sambel Mama Aji memiliki tujuh varian rasa: Ikan Cakalang, Ikan Tuna, Daging Ayam, Daging Sapi, Teri, Ebi, dan Cumi.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com