SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Hari Relawan PMI Dipusatkan di Pantai Marina Bantaeng - SULSELLIMA.COM

Hari Relawan PMI Dipusatkan di Pantai Marina Bantaeng

sulsellima.com Bantaeng - Kabupaten Bantaeng memang selalu menjadi salah satu tujuan pusat kegiatan yang berskala nasional dan regional. Terakhir adalah pelaksanaan upacara hari Relawan PMI Sulsel yang digelar di Pantai Marina, Kabupaten Bantaeng, Senin, (23/12/2019).

Pelaksanaan hari Relawan PMI ini dirangkaikan dengan latihan gabungan penanggulangan bencana yang dilaksanakan. Upacara ini adalah keinginan masyarakat yang dituangkan dalam penandatanganan prasasti peringatan Tsunami Aceh.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Bantaeng karena tahun ini daerah berjuluk Butta Toa ini menjadi tuan rumah peringatan hari PMI Tingkat Sulsel. Menurutnya, hal itu adalah bukti pencerminan sinergitas antara Pemkab Bantaeng dalam arahan support Pemprov Sulsel yang ingin menjadi bagian dari kerja-kerja PMI Sulsel.

"Pelaksanaan dan kerja yang dilakukan oleh saudara kita yang diberikan amanah menjadi relawan PMI adalah kerja yang mulia dan ikhas," ujarnya.

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan YL menambahkan, relawan yang hadir sepatutnya berbangga karena negara telah memberikan legitimasi kepada seluruh relawan yang ada pada puncak peringatan PMI ini. Relawan yang hadir tentu adalah orang-orang terpilih karena sebuah ketulusan, keikhlasan membantu sesama. 

Dia menambahkan,hal itu merupakan momentum untuk mewujudkan kesiapan menghadapi bencana jika memang terjadi di Sulsel.

"Seluruh yang hadir pada hari ini adalah ujung tombak relawan. Jadi mari kita terus memperbaiki ketulusan untuk bisa membantu sesama", kata Adnan yang juga merupakan Bupati Kabupaten Gowa ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menambahkan, kegiatan ini sebagai momentum evaluatif. Menurut dia, setiap tahun kegiatan ini bisa menjadi moment untuk melakukan evaluasi seperti apa perkembangan PMI Sulsel.

"Selama ini PMI hanya identik dengan pelaksanaan donor darah, padahal juga hadir jaminan dan perlindungan sosial kepada semua orang tanpa melihat identitas maupun suku agama. Pemerintah Provinsi Sulsel tentu sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Pelatihan gabungan penanggulangan bencana dilaksanakan di pelataran Pantai Marina Bantaeng. Para relawan dilatih dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari assesment, serta simulasi penanggulangan bencana.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, para Unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, para Camat, para Ketua PMI seluruh wilayah Sulawesi Selatan, serta para relawan PMI se-Sulsel.(Rls)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com