SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Mentan Lepas Ekspor Benih, Optimis Produk Hortikultura Terus Meningkat - SULSELLIMA.COM

Mentan Lepas Ekspor Benih, Optimis Produk Hortikultura Terus Meningkat


SULSELLIMA.COM ■ Peningkatan daya saing produk pertanian merupakan keniscayaan. Terlebih di tengah pertumbuhan penduduk Indonesia yang saat ini diperkirakan mencapai 267 juta jiwa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Indonesia berpotensi sebagai  pasar yang besar bagi produk sejenis dari negara  lain. Tak terkecuali untuk sektor hortikultura.

“Saya minta hortikultura ke depan harus lebih maju, mandiri dan modern,” ujar dia disela-sela pelepasan Ekspor Benih Hortikultura PT East West Seed Indonesia (EWINDO) di Purwakarta, Senin (16/12).

SYL-sapaannya- memaparkan untuk menghasilkan produk hortikultura berdaya saing, harus betul-betul memperhatikan aspek kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Serta mampu berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Dan saya yakin dengan potensi dan keunggulan bangsa kita, semua itu bisa tercapai,” jelas dia.

SYL juga mengapresiasi peran swasta seperti yang dilakukan EWINDO. Menurut SYL, ekspor benih yang dilakukan perusahaan tersebut sejalan dengan visi pemerintah di sektor pertanian.

“Kita berharap pada tahun mendatang nilai ini dapat ditingkatkan 3 kali lipat sesuai dengan program yang saya canangkan, Gerakan Tiga Kali Eskpor (GERTIKS),” beber SYL.

“Saya harap tahun depan sayuran dan buah-buahannya yang diekspor,” lanjut dia.

Dalam kesempatan itu, SYL juga meminta Ewindo menjadi bagian pelopor gerakan kebangsaan. Khususnya bagaimana menggerakkan sektor pertanian.

“Potensi bangsa kita amat besar. Ekspor harus terus diperluas. Sejahterakan para petani,” jelas dia.

“Melakukan ekspor itu adalah bagian dari derajat kebangsaan kita. Kalau kita impor itu artinya kita lemah, berarti bangsa kita lemah. Boleh impor, tapi harus lebih banyak eskpor. Itulah jati diri bangsa kita,” katanya.

Menurut Syahrul, sektor pertanian adalah solusi dari segala persoalan bangsa Indonesia karena berkaitan langsung dengan pemenuhan perut masyarakat Indonesia. Terlebih soal pembukaan lapangan kerja.

“Kalau kamu mau urus pertanian kita dengan baik, maka disitulah letak dan posisi kesejahteraan bangsa kita. Dan inilah yang harus menjadi tugas kita bersama. Kita harus menjadi pelopor dari semua gerakan kebangsaan,” katanya.

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com