Millenial Sarajoko Bersihkan "Black Beach" Babana Ujungloe

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Millenial Sarajoko Bersihkan "Black Beach" Babana Ujungloe

SULSEL LIMA
Monday, 3 August 2020
sulsellima.com Bulukumba- Di kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba, pantai telah menjadi mata pencaharian masyarakat. Budidaya rumput laut di pantai kini menjadi primadona, dan telah banyak membantu masyarakat meningkatkan kualitas ekonominya.
Namun, keinginan masyarakat mendorong pariwisata pantai, kini mulai tumbuh. Utamanya garis pantai yang terletak di Lingkungan Babana, Kelurahan Dannung.

Terbukti, pantai Babana, yang dahulunya hanya jadi tempat menjaring ikan, dan budidaya rumput laut, kini mulai difungsikan juga untuk lokasi piknik keluarga. Menikmati panorama laut, dan dentuman ombak.

Istimewanya tempat ini, karena para pengunjung bisa menikmati keindagan oantai sembari bakar-bakar ikan bersama sahabat atau kerabat. Masyarakat setempat juga menyediakan ikan yang bisa dibeli, atau bisa membawa dari rumah.

Libur lebaran, Minggu (2/8/2020) lalu, daerah ini dipadati warga saat pagi hingga jelang sore hari. Mereka ada yang membawa keluarga untuk menikmati kehangatan air laut. Juga menahan terpaan ombak yang berukuran kecil.

Salah satu kelompok pemuda yang datang ke tempat ini, bahkan rela menginap, adalah millenial Sarajoko, Ballasaraja. Mereka menikmati dinginnya malam di pantai, sembari menjaring ikan. 

"Pantai ini keren. Biasanya pantai hanya fokus untuk berwisata, tetapi saat malam hari di tempat ini kita bisa menjaring ikan. (Mallanraq ; Bahasa Daerah). Kami menikmatinya. Masyarakat sisa menjaga kelestariannya," Ujar Rey salah seorang Millenials Ballasaraja. 

Di pagi hatri, pengunjung bisa merasakan kesejukan angin pantai Bulukumba di tempat ini. Terlebih sunright bisa dinikmati. 

" Kami sudah sering ke sini. Tapi baru kami tahu jika sudah dibuka untuk objek wisata, meski masih belum seramai Bira. Kami ingin masyarakat setempat menumbuhkan tempat ini," Kata Rey lagi. 

Sebagai wujud terima kasih terhadap suguhan keindahan alam, Millenial Sarajoko berinisiatif membersihkan sampah plastik pantai, utamanya sisa pembuangan pengunjung.

Kepala Lingkungan Babana Muhammad Nakir mengaku, kedepannya, pemerintah akan menambah fasilitas terutama perbaikan jembatan penyebrangan dan penyediaan tempat sampah. 

"karena ini baru ada inisiasi menuju twmpat wisata, maka kami sudah mulai memikirkannya. Semoga ada supor dari pemerintah daerah untuk pengembangannya," Ujar Nakir. 

Pantai Babana dikenal memiliki pasir hitam pekat. Banyak yang menyebutnya, "BlackBeach". Dari Kota Bulukumba, daerah ini hanya berjarak sekitar 10 KM. Akses jalan ke daerah ini pun sudah bisa dilalui kemdaraan roda 2 dan roda 4. Cukup masuk melalui jl. Bahagia, Kecamatan Ujungloe.(Sakril)