-->

Adu Mulut Warnai Pagelaran Sidang Lanjutan Kasus Terdakwa Mantan Ketua FPI Habib Rizieq Shihab, 1.985 Personel di Siagakan


JAKARTA
, SULSELLIMA.com - Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang lanjutan Habib Rizieq Shihab hari ini, jumat (26/3/2021). Dengan agenda pembacaan eksepsi. Sidang eksepsi lanjutan kali ini digelar secara offline.

Selain itu, di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur juga berbaris beberapa mobil Barracuda dan mobil-mobil berukuran besar lainnya dari Polri dan juga TNI. Ada tiga mobil water cannon dan satu mobil barracuda.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan memperketat persidangan offline Habib Rizieq Shihab pada hari ini. Dia menyebutkan, jumlah personel sebelumnya 1.400 personel menjadi 1.985 personel pada Jumat (26/3/2021) hari ini. 

Disisi lain, wartawan dilarang masuk ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk meliput sidang pembacaan eksepsi oleh terdakwa Rizieq Shihab.

Wartawan ditahan oleh para anggota kepolisian di pintu masuk utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Wartawan diminta untuk menunggu di luar Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Janji untuk menyediakan tempat untuk para wartawan meliput juga tak terealisasi. Padahal, Pengadilan Negeri Jakarta Timur tidak menyiarkan sidang dengan terdakwa Rizieq Shihab secara virtual atau online.

Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya saat ditemui di pintu masuk Pengadilan Negeri Jakarta Timur tak bisa menjelaskan larangan wartawan meliput persidangan Rizieq Shihab.

Ia meminta wartawan untuk menghubungi Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur meskipun para wartawan sudah berusaha mengkonfirmasi sejak pagi tetapi gagal.

Drama adu mulut antara tim kuasa hukum terdakwa kasus kerumunan dan penghasutan Rizieq Shihab dan petugas Pengadilan Negeri Jakarta Timur terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Jumat (26/3/2021) pagi.

Tim kuasa hukum Rizieq Shihab memprotes keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang membacakan nama-nama kuasa hukum yang diizinkan masuk ke dalam Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Tim kuasa hukum Rizieq Shihab meminta nama-nama kuasa hukum yang masuk ditentukan oleh pihak tim kuasa hukum.

“Ada 12 oke, tapi kan yang menentukan saya, ya ampun ini,” kata perwakilan kuasa hukum Rizieq Shihab, Sugito, kepada perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, di pintu masuk kantor Pengadilan. 

Anggota kepolisian kemudian maju dan meminta tim kuasa hukum dan wartawan mundur. Aksi saling dorong juga sempat terjadi ketika itu. 

“Jangan dorong-dorong,” teriak anggota tim kuasa hukum kepada polisi.

Namun pihak perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta Timur, AA Ayu Chomalea Dewi, kemudian tetap membacakan nama-nama kuasa hukum yang diizinkan masuk. 

“Bagi bapak-bapak yang disebutkan namanya diperkenankan untuk masuk. Yang diperkenankan hanya 12 orang untuk kuasa hukum,” ujar Ayu di pintu masuk Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Tidak lama kemudian terdakwa Rizieq Shihab datang menggunakan kendaraan tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Kendaraan yang membawa Rizieq Shihab dikawal oleh motor dan polisi lalu lintas. Rizieq Shihab tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada pukul 08.28 WIB.

Kedatangan Rizieq Shihab juga disambut gema takbir oleh ribuan simpatisan yang sudah berkerumun diluar kantor Pengadilan sejak pagi hari. 

Ratusan anggota kepolisian dan kendaraan taktis disiagakan di pintu masuk, sementara yang lainnya ditempatkan di sekeliling kantor pengadilan negeri jakarta timur. 

Tiga mobil water cannon dan satu mobil barracuda diparkir di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Report : Andi Ross

Editor : Red 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a comment